Pengertian Topologi Jaringan Dan Beserta Macamnya

Posted on

Hai kawan, kali ini saya akan membahas tentang pengertian topologi jaringan dan beserta macamnya. Topologi jaringan komputer merupakan suatu cara untuk menghubungkan perangkat komputer yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dibuat akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Maka pada kesempatan ini kita akan sama-sama belajar memahami yang namanya topologi jaringan komputer.

  • Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Macam-macamnya
  • Memahami Topologi BUS, Star, Ring, Mesh, Extenden star dan hierarchical

Sebelum kita membahas mengenai topologi jaringan komputer, perlu kita ketahui bahwa topologi jaringan computer ini terbagi menjadi 6 bagian diantaranya yaitu; macam-macam topologi jaringan komputer adalah      :

  • Topologi BUS
  • Topologi Star
  • Topologi Ring
  • Topologi Mesh
  • Topologi Extended Star
  • Topologi Hierarchical

Dan saya akan menjelaskan beberapa topologi jaringan komputer:

  1. Topologi Bus

Topologi bus ini disebut juga sebagai backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentangkan dan kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut. Secara sederhana topologi bus ini terdapat pada satu kabel media transmisi yang dibentangkan dari ujung ke ujung, kemudian kedua ujung ini ditutup dengan “ terminator” atau terminating-resistance.

  1. Topologi Star

Topologi star ini digunakan dalam jaringan yang padat, pada saat itu endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat. Topologi star merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada topologi bus dan karna semua komputer atu perangkat yang biasanya mengalami kerusakan maka tidak akan memengaruhi perangkat lainnya.

  1. Topologi Extended Star

Topologi Extended Star adalah topologi yang sama dengan topologi jaringan star. Tetapi dalam topologi ini, memiliki satu atau lebih repeater dalam satu node pusat dan jangkauannya lebih panjang daripada topologi star.

  1. Topologi Mesh

Topologi jaringan mesh ini menerapkan hubungan antar central secara penuh. Banyaknya saluran harus disiapkan dengan membentuk suatu jaringan topologi mesh. Dalam topologi jaringan mesh ini adalah DXC atau Digital Cross Connect dengan satu atau lebih dari dua sinyal aggregate, dan tingkat kesulitan terdapat pada topologi jaringan mesh ini sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.

Incoming search terms:

  • apa itu DXC topologi ring
Gravatar Image

walaupun saya orang yang tipe nggak majuan tapi saya tetap semangat, berusaha, dan berdo’a

Leave a Reply