cara mengatasi batuk berdahak menggunakan bahan alami
Cara Mengatasi Batuk Berdahan Menggunakan Bahan Alami

10 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Batuk Berdahak

Posted on

Batuk merupakan sebuah penyakit yang berasal dari virus. Batuk biasanya juga disertai dengan flu dan dahak. Batuk yang berkepanjangan akan menyiksa anda karna dada akan terasa sakit dan batuk yang terus-terusan kan menganggu aktifitas anda. Banyak sekali penyebab maupun gejala penyakit dari batuk. Biasanya batuk disebabkan oleh virus biasa, namun tidak sedikit batuk merupakan gejala penyakit kronis seperti TBC, bronchitis, dan jantung. Batuk yang paling menyerang orang adalah batuk berdahak. Saat anda mulai merasakan gejala batuk berdahak, sebaiknya anda coba dahulu 10 bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Dan kalau batuk anda belum sembuh juga, segera periksakan kondisi kesehatan anda pada dokter.

10 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Batuk Berdahak:

1.Blimbing Wuluh

Membuat ramuan blimbing wuluh akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan batuk berdahak. Bunga blimbing wuluh juga dipercaya dapat mengurangi dahak yang ada di tenggorokan. Cara membuat ramuan dari blimbing wuluh yaitu ambil kira-kira satu genggam bunga blimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, dan tambahakan gula. Larutkan ketiga bahan diatas dengan air hangat, lalu tiriskan, setelah terasa dingin, saringlah ramuan tersebut dan ramuan siap diminum.

2.Teh Jahe

Teh jahe telah dipercaya masyarakat Asia untuk mengobati batuk berdahak. Campurkan irisan jahe dengan teh, minumlah teh jahe ini dua kali sehari untuk mengurangi batuk berdahak anda.

3.Kunyit

Masukkan  ½ sendok kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam gelas. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat ampuh mengobati berbagai macam penyakit salah satunya batuk berdahak.

4.Jeruk Nipis

Campurkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu serta 5 sendok makan air hangat. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Ramuan lain dari jeruk nipis adalah campuran air perasan jeruk nipis dengan kecap. Caranya cukup campurkan dua bahan tersebut dan minum 1 sendok teh sehari dua kali.

5.Daun Asam Muda

Daun asam muda berfungsi untuk menyembuhkan batuk kering. Caranya ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus bahan-bahan tersebut dengan api kecil lalu saring. Ramuan daun salam siap diminum.

6.Madu dan Lada Putih

Campurkan lada putih dengan teh madu, minumlah campuran ini untuk mengurangi dahak. Lada putih yang memilki sensasi panas akan merangsang dahak menjadi cair dan akan mengurangi batuk anda.

7.Daun Sirih

Ambil lima lembar daun sirih, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebuslah semua bahan dengan dua gelas air. Tunggu rebusan menjadi setengah gelas. Kemudian angkat dan saring rebusan tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

8.Kemangi

Manfaat daun kemangi memang cukup banyak, salah satunya adalah untuk mengurangi batuk berdahak. Sediakan 3-4 lembar daun kemangi lalu rebus dengan 2 gelas air. Minum ramuan ini saat masih hangat.

9.Bunga Mawar

Bunga mawar ternyata jug dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara membuatnya adalah ambil bunga mawar kira-kira 10 gram, lalu tim dengan air secukupnya. Tambahkan gula batu jika perlu, lalu  minum ramuan ini.

10.Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Air hangat akan sangat membantu untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan, sehingga batuk berdahak akan segera sembuh kalau anda rutin meminum air hangat.

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply