Sarang Walet
Sarang Walet

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

Posted on

Sudah sejak berabad-abad yang lalu sarang walet digunakan untuk dijadikan bahan makanan dan juga obat segala jenis penyakit. Sarang walet memiliki berbagai kandungan gizi dan juga protein yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Sarang burung walet dulunya sangat populer dijadikan hidangan yang spesial di kalangan kerajaan. Mulainya berkembang yaitu saat kekuasaan kekaisaran Dinasti Ming. Masakan dari sarang walet menjadi masakan yang istimewa, sehingga nilai jualnya tinggi.

Sampai sekarang pun sarang walet masih dimanfaatkan untuk dikonsumsi maupun dijadikan sebagai obat berbagai penyakit. Karena itulah sarang walet masih tetap bertahan dan banyak dicari orang.

Khasiat dan Manfaat sarang burung walet
Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur walet yang bentuknya seperti agar-agar yang disebut dengan gelatin, bau gelatin seperti putih telur. Di dalamnya terkandung banyak protein, mineral dan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Sejumlah 12 buah sarang walet dengan berat 100 gram mengandung 345 killo kalori. Selain itu di dalamnya juga mengandung berbagai protein dengan kadar 85% dan lemak sebesar 0.3%. Dalam sarang walet juga mengandung 17 asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial. Ditemukan juga mineral yang penting untuk tubuh seperti kalsium, kalium, natrium, besi, dan phospor.

Dengan kandungan glikoprotein yang besarnya 50%, sarang walet mampu meningkatkan dan mengembalikan kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan glikoprotein mampu meningkatkan perbaikan sel-sel dan jaringan-jaringan baru yang berperan aktif dalam sistem daya tahan tubuh.

Manfaat sarang walet antara lain mampu memperlancar kerja paru-paru, mengobati sakit batuk, membersihkan darah kotor, membangkitkan stamina yang hilang setelah sakit, mengobati asma, meningkatkan kerja otak, meningkatkan daya ingat, dan menunda penuaan dini.

Sarang walet yang harganya tinggi tersebut telah menjadi barang yang terus dicari-cari untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Untuk mendapatkan sarang walet pun tidak mudah, sehingga tak heran harganya bisa menjadi sangat mahal.

Para konsumen sarang walet pun sudah banyak yang mengakui dan menyatakan keberhasilannya dari khasiat sarang walet dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang pernah dideritanya dulu, terutama mereka yang pernah menderita gangguan pernapasan dan kesehatan tubuh lainnya.

Gravatar Image
Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply