ketombe
Cara Mengatasi Ketombe

Cara Mengatasi Rambut Berketombe

Posted on

Rambut merupakan sebuah mahkota berharga yang manusia miliki.Apa lagi bagi wanita, menjaga kesehatan dan kecantikan rambut tentunya menjadi prioritas utamanya.Namun, sayangnya di era modern seperti ini sekarang banyak sekali para wanita yang bermasalah dengan ketombe.Tapi pria pun juga sering mengalami permasalahan pada rambut yaitu ketombe.

ketombe
rambut berketombe

Ketombe merupakan masalah kesehatan pada rambu yang biasanya muncul disebabkan karena ada pengelupasan sel-sel kulit kepala yang mati.Penglupasan ini wajar-wajar saja terjadi, tetapi ada penderita ketombe yang penglupasannya itu berlebihan.Sehingga mucul lah sel-sel kulit kepala yang mati berwarna putih.

Nih, penyebabnya rambut bisa berketombe :
Munculnya ketombe bisa disebabkan faktor-faktor tertentu.Paling sering ketombe muncul disebabkan oleh pengaruh fungi atau jamur.Biasanya  jamur itu muncul pada rambut karena mungkin mereka jarang memberisihkan rambutnya.Selain itu, produk yang dipakai untuk membersihkan rambut yang tidak cocok itu juga bisa menyebabkan datangnya ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Secara Cepat Dan Bahan Alami.

1.Cuka
Cuka bisa loh untuk menghilangkan ketombe pada kulit rambut.Cuka yang biasanya untuk membuat masakan kini menjadi jadi pembasmi ketombe.Karena cuka memiliki kandungan asam inilah sehingga mampu untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati di kulit kepala.Cara Penggunaannya : Siapkan cuka putih secukupnya, terlebih dahulu membersihkan rambut dengan keramas lalu oleskan merata pada rambut, kemudian pijat , lalu diamkan 30 menit.Setelah selesai, bilas dengan keramas lagi hingga ketombe rontok atau mengelupas.

2.Bakking Soda.
Bakking soda yang biasanya salah satu bahan untuk membuat roti.Ternyata bakking soda mengandung senyawa abrasif yang cukup mampu untuk menghilangkan ketombe.Namun, usahakan jangan langsung menggunakan bakking soda yang berlebihan, karena bisa-bisa mengakibatkan kulit kepala anda menjadi iritasi.Dan, hentikan pemakaian jika ketombe telah hilang.

3.Lidah Buaya.
Lidah buaya sudah lama dari zaman dahulu sampai sekarang dipercaya cukup efektif untuk merawat rambut secara alami.Selain bermanfaat sebagai penghilang ketombe, tapi ternyata lidah buaya juga cukup efektif untuk melembabkan kulit rambut secara alami.Cara penggunaan sama seperti cuka, tetapi tidak perlu kerama terlebih dahulu.

4.Lemon.
Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki ketinggian asam yang cukup tinggi.Zat asam yang tinggi cukup bisa kita manfaat untuk mengatasi ketombe di kulit kepala.Bahkan lemon cukup efektif membantu untuk menghilangkan kutu pada rambu.

5.Daun Pandan.
Daun pandan biasanya untuk menambah aroma pada masakan menjadi sedap.Namun, setelah diteliti lebih mendalam, daun pandan cukup efektif  bisa menghilangkan ketombe.

6.Kangkung.
Kangkung yang biasanya dimasak di tumis, namun siapa sangka kalau kangkung ini cukup efektif untuk menghilngkan ketombe.Sayuran ini memiliki senyawa mineral essens yang bisa mengangkat sel-sel mati di area kulit kepala.

7.Penuhi Asupan Nutrisi.
Ternyata salah satu yang menyebabkan datangnya ketombe yang jarang diketahui adalah asupan nutrisi.Seseorang yang mengalami kekurangan asupan nutrisi, itu akan sangat mudah sekali terserang yang namannya masalah ketombe pada rambut.Untuk mendapatkan semua asupan nutrisi anda dapat mengonsumsi, seperti buah, sayur,  daging, susu dan kacang-kacangan.Usahakan disetiap harinya kita mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

Jadi, tidak perlu takut jika anda mengalami ketombe, jika anda berketombe mari kita praktekkan tips ini agar makhota kita menjadi lebih terlihat cantik dan indah.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply