Ambisius

Tak Perlu Malu Dibilang Ambisius

Posted on

Ambisius banget sih jadi orang”. Apakah kamu pernah ditegur dengan kalimat seperti itu? Pasti kamu merasa malu dan akan menyalahkan dirimu sendiri, kenapa ya aku ambisius?. Tenang jangan down dengan kalimat seperti itu. Mereka berkomentar seakan akan sifat ambisius itu sangatlah negatif. Sebenarnya ambisius bukanlah sifat yang harus di hindari dan dibuang jauh jauh dari kehidupanmu? Siapa yang bilang bahwa sifat ambisius itu jelek? Tak selamanya sifat ambisius itu jelek. Orang yang ambisius adalah orang yang memiliki keyakinan yang besar dengan apa yang dia lakukan sat itu. Tak selalu sifat ambisius itu negatif, karena dengan sifat tersebut kita bisa mengetahui arah hidup kita.
Bagi kalian yang masih berfikir bahwa ambisius adalah sikpa yang negatif, maka kalian perlu mengenal lebih dekat tentang sifat yang satu ini. Ambisius berasal dari bahasa inggris, ambition-yang artinya keinginan untuk mencapai kesuksesan. Sudah jelas kan? Ambisi memiliki makna yang positif, bukan sebaliknya. Sedangkan orang yang memiliki sifat ambisi disebut ambisius. Ambisius merupakan suatu petunjuk arah hidup, sesungguhnya ambisi adalah sesuatu yang harusnya kita miliki, bukan malah kita hindari.

Menjadi Yang Terbaik
Menjadi Yang Terbaik

Masing masing orang memiliki ambisi ynag berbeda beda. Karena perbedaan faktor juga mempengaruhinya, mulai dari pola asuh kecil, pengaruh pada masa masa perkembangan, lingkungan sekitar, dan pergaulan.
Selain itu ambisi memiliki sisi positif, orang yang memiliki sifat ambisius dia akan lebih bersemangat mengerjakan sesuatu hal dan dia lebih mudah termotifasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Maka dari itu ambisi digunakan untuk bergerak maju. Bahkan dalam buku “Thinking and Grow Rich” disebutkan kurang ambisi adalah salah satu faktor utama penyebab suatu kegagalan.

Buku Think And Grow Rich
Buku Think And Grow Rich

Dampak dari kurangnya memiliki ambisi adalah malas mengerjakan sesuatu karena tidak ada yang memotifasi untuk menjadi yang terbaik, dan pekerjaan yang dikerjakanpun menjadi tersendat sendat dan bukan keberhasilan yang ditemui, tapi malah kegagalan yang akan ditemuinya. Maka dari itu mulailah memiliki ambisi untuk memotifasimu lebih baik lagi dari sebelumnya.
Setiap kelebihan pasti ada kelemahan, begitu juga ambisi memiliki sisi negatif juga. Obat bisa jadi racun jika kadarnya berlebihan. Begitupun Ambisius juga akan berdampak negatif jika berlebihan, seseorang akan menghalalkan segala cara agar ambisinya berhasil walaupun dengan melakukan hal yang buruk, itulah sisi negatif dari ambisius. Karena itu kita perlu memiliki batasan untuk mewujudkan ambisi yang positif, tentu dengan mempertimbangkan lingkungan, norma yang berlaku dan yang paling penting harus mempertimbangkan kondisi diri sendiri. Tetap semangat untuk menjadi yang terbaik.
Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply