Beberapa Fakta Unik yang Dimiliki Kunang-kunang.

Posted on

Kunang-kunang dikenal sebagai hewan yang bisa mengeluarkan cahaya yang indah di malam hari. Kita akan menjadi seperti tersihir ketika melihat segerombolan cahaya indah itu. Lantas dari bagaimana cahaya itu bisa keluar dari kunang-kunang? Para ilmuan menjawab cahaya itu berasal dari elektron tunggalnya oksigen yang kemudian dikirim dalam sebuah reaksi kimia yang rumit. Nah, cahaya itu berfungsi sebagai cara mereka untuk dapat berkomunikasi. Khususnya kunang-kuang jantan untuk merayu kunang-kunang betina.

kunang-kunang
Gambar Kunang-kunang

Berikut ini beberapa fakta yang unik yang bisa kamu perhatikan dari kunang-kunang:

  • Hanya kunang-kunang Jantan yang bisa terbang.

Ya, untuk yang satu ini memang benar, hanya kunang-kunang jantanlah yang bisa terbang karna mereka memiliki sayap, berbeda dengan kunang-kunang betina yang tidak memiliki sayap. Kunang-kunang betina biasanya akan menempel pada dedaunan dan ranting pohon.

  • Kunang-kunang mempunyai arti penting dan berharga.

Kunsng-kunsng ini jugs memiliki arti penting lho. Khususnya pada mitologi bangsa Maya kuno, dimana bangsa Maya selalu mengaitkan tentang kunang-kunang ini dengan bintang, mereka percaya bahwa hewan yang satu ini mewakili utusan dalam kuil Dewa Maya. Berbeda dengan bangsa Maya, di Jepang kunang-kunang sangat berharga karna mempunyai arti yang sama besarnya dengan pohon sakura.

  • Kunang-kunang termasuk jenis kumbang dari Ordo Coleoptera.

Sering kali orang mengira bahwa hewan ini termasuk salah satu jenis lalat, namun perkiraan ini salah. Hewan ini termasuk jenis kumbang Ordo Coleoptera yaitu jenis kumbang yang bersayap. Ada sekitar 2000 jenis spesies kumbang yang tersebar di seluruh dunia, khususnya pada daerah tropis. Sebab kunang-kunang suka tempat yang lembab seperti rawa dan tempat yang dipenuhi oleh pepohonan, yang biasanya tempat ini banyak ditemukan di wilayah tropis saja.

  • Kunang-kunang dapat membunuh musuhnya.

Meskipun hewan ini terlihat imut dan lucu, jangan salah kunang-kunang jufga dapat membunuh musuhnya ketika mereka merasa dalam bahaya. Ketika predator meu menyerang mereka, maka hewan ini akan dengan reflex meneteskan darah yang mengandung zat kimia beracun dan dapat membunuh bagi vertebrata.

  • Kunang-kunang jantan punya pola sendiri untuk terbang.

Yang terakhir adalah keunikan pola saat hewan yang satu ini terbang. Ketika kunang-kunang jantan terbang akan membentuk pola ciri khasnya sendiri, tujuan utamanya adalah untuk reproduksi. Selain itu  hal ini bertujuan untuk menarik perhatian sang betina yang hanya terdiam dan akan berkedip jika ada kunang-kunang jantan yang menarik perhatiannya. Sungguh unik bukan?

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh hewan lucu yang bernama kunang-kunang ini. Semoga dapat menambah pengetahuanmu.

Gravatar Image

Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply