Tips Pengajar Muda Untuk Menghadapi Anak Didik

Posted on

Untuk pengajar muda!

Mengajar adalah sesuatu hal yang mengasikkan. Kita bisa menyalurkan ilmu dan bakat yang kita miliki, kita juga bisa bermain dan bercengkrama dengan kepolosan anak-anak. Namun, di sisi lain terkadang kita juga mengeluh dengan kenakalan yang telah anak didik perbuat, bahkan membuat kita emosi.

pengajar-muda
Pengajar Muda yang Hebat

Ingin tau bagaimana caranya untuk mengahadapi kenakalan anak didikmu?

  • Peringatkan mereka dengan sikap lemah lembut dan penuh kasih sayang

Langkah ini adalah langkah yang awal untuk mengadapi kenakalan yang telah diperbuat oleh anak didik. Sering kali anak didik melakukan hal yang kecil seperti menjaili teman, saling mengejek dan lain sebagainya. Peringatkan mereka dengan lembut. Gunakan kelembutan dari lubuk hati yang paling dalam dengan lemah lembut. Ingatlah yang kita hadapi adalah manusia yang belum bisa membedakan hal baik dan hal yang buruk serta masih membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

  • Ajarkan pada mereka sikap yang seharusnya ia lakukan

Kita harus menunjukkan hal yang ia lakukan. Contohnya ketika si anak A sering menghina nama orang tua si B. Coba ajarkan dan beritahu pada si A agar tidak menghina nama orang tua. Tunjukkan pada si A bahwa orang tua adalah seseorang yang harus di hormati bukan untuk dihina.

  • Lakukan sikap yang tegas, apabila ia mengulangi kesalahan yang sama

Jangan sampai kalian memberi sanksi yang tegas karena itu adalah hal yang salah. Perlu banyal diperhatikan lagi tentang batasan yang haris dijaga agar hukuman tidak melampaui batas.

  • Kenali dan pahami sifat mereka

Jika kita lebih dekat dengan mereka, lebih mudah kita untuk mengenali sifat aslinya. Jadi jika kita lebih dekat dengan anak-anak maka kita juga lebih mudah untuk mengenalinya. Jadilah teman yang baik untuk mereka dan kondisikan diri kita menjadi seseorang yang bisa membuat mereka nyaman.

  • Kendalikan emosimu

Seorang pengajar yang muda lebih mudah untuk emosi dibandingkan dengan pengajar yang sudah senior. Para pengajar senior lebih bisa mengendalikan emosinya. Jadi jangan sampai kita terpancing emosi karena emosi bukanlah solusi. Tunjukkan kewibaan dan kebijakan kita pada murid, maka murid akan menghormati kita.

  • Berilah contoh yang baik

Tujukkan sikap budi pekerti yang baik terhadap anak didik kita. Karena anak-anak akan mencontoh tindakan kita daripada ucapan kita.

  • Jangan lupa tersenyum

Senyum adalah langkah yang sederhana untuk menunjukkan pada mereka bahwa kita memiliki kepribadian yang menyenangkan. Dengan senyum kita bisa menentramkan hati anak didik. Percayalah, dengan senyum kita bisa meredakan dan menyelesaikan masalah sehari-hari, begitu juga dengan masalah di sekolah.

Gravatar Image

Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply