Cara Menjaga Kesehatan Perut dan Pencernaan

Posted on

Makanan kini menjadi salah satu gaya hidup, bukan hanya makanan tapi juga cara makan, cara minum dan minuman apa yang diminum. Semua itu bisa mempengaruhi pencernaan dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi minuman dan makanan yang sehat adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan supaya tubuh memperoleh asupan gizi yang cukup dan asupan serat yang diperlukan tubuh setiap hari. Kebiasaan berolahraga juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Proses alami tubuh manusia untuk memecah makanan dalam perut sehingga berbagai nutrisi dalam makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh disebut sistem pencernaan makanan. Jika kita mengabaikan kesehatan pencernaan, maka bisa mengalami kekurangan asupan nutrisi sehingga risiko terkena berbagai macam penyakit atau mengalami masalah pencernaan meningkat seperti masalah pencernaan dalam usus, lambung, maag bahkan kanker usus.

Cara Menjaga Kesehatan Perut

Gaya hidup dan makanan yang kita konsumsi secara langsung mempengaruhi kesehatan pencernaan. Dengan menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih efisien memang diperlukan. Inilah beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan pencernaan:

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Berserat

Makanan yang berserat memiliki dua jenis, yaitu serat larut dan tak larut. Manfaat masing-masing sama yaitu membantu system pencernaan, namun caranya berbeda. Makanan yang memiliki sumber serat dan baik dikonsumsi seperti oat, gandum, sayuran, dan biji-bijian.

  1. Batasi Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Secara umum makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga manusia lebih rentan mengalami sembelit. Namun, menambahkan makanan yang tinggi serat pada makanan berlemak dapat mempermudah proses pencernaan.

  1. Asupan Cairan Yang Cukup

Menkonsumsi banyak air juga baik untuk kesehatan pencernaan. Air berperan dalam sistem pencernaan, yaitu membantu melarutkan serat dan lemak.

  1. Mengatur Pola Makan Yang Baik

Makan teratur sesuai jadwal bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Mulai dari makan pagi. Makan siang, dan makan malam tepat waktu setiap hari.

  1. Teratur Berolahraga

Jangan lupa olahraga juga dapat membantu memperlancar gerak makanan dalam system pencernaan. Dengan olahraga berat badan yang ideal dan sehat tetap terjaga. Tidak hana jadwal makan yang dibuat, tapi buatlah jadwal olahraga yang teratur.

Mulailah hidup sehat dengan menjaga  pola makanan agar pencernaan tetap sehat.

 

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply