Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Posted on

Penggunanan headset pada dasarnya tidak boleh terlalu lama. Untuk menggunakan headset, usahaakan jangan menggunakan headset selama 4 jam berturut turut karena berbahaya. Berikut ini bahaya menggunakan headset terlalu lama:

  1. Dapat membuat telinga mendengung

Bahaya pertama darai mengguankan headset yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan telinga menjadai mendengung. Telinga yang mendengung akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman dengan pendengaran kita. Hal ini mirip seperti kita melakukan perjalanan jauh atau ketika kita naik pesawat. Hal ini seperti terjadi perubahan tekanan udara di sekitar kita.

Untuk mengatasi hal itu, cukup mudah dilakukan, anda dapat menahan nafas sambil memencet hidung anda. Lalu tiup sambil tetap memencet hidung. Maka telinga anda yang terasa mendengung  tersebut akan menjadi pulih kembali.

  1. Menyebabkan tuli sesaat

Terlalu lama menggunakan headset, selain dapat menyebabkan telinga menjadi mendengung dan tidak nyaman, juga menyebabkan terjadinya tuli sesaat. Apabila terlalu sering dilakukan dengan kuantitas suara yang sangat besar, hal ini akan menyebabkan anda mengalami tili secara peramanen. Jadi usahakan lah agar penggunaan headset anda dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Tidak awas dengan lingkungan sekitar

Bahaya menggunakan headset yang terlalu lama adalah kurang awas dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Penggunaan headset menyebabkan perhatian kita akan terfokus pada suara yang keluar dari headset. Hal ini akan menyebabkan diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan sekitar kita. Dengan menggunakan headset, kita cenderung menjauh dari lingkungan social dan tidak ingin berinteraksi dengan lingkungan kita.

  1. Memperbesar resiko terjadinya kecelakaan

Merupakan dampak terburuk dari penggunaan headset yang terlalu lama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan headset yang terlalu lama menyebabkan kita kurang awas dan cenderung mengabaikan dunia sekitar kita. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan penyebab kematian mendadak.

  1. Dapat menyebabkan kuman masuk melalui telinga

Masalah lain yang berbahaya dari penggunaan headset yang terlalu lama adalah kuman. Headset merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang sangat tinggi. Ini disebabkan karena headset merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang mengalami pembersihan.

Hal ini menyebabkan headset merupakan salah satu sarang tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Saat memakai headset terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteriakan bebas masuk ke dalam tubuhanda melalui telinga. Hal ini yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.

Itulah bahaya dari penggunaan headset yang terlalu lama. Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply