Mengenal Habitat Nyamuk Aedes Aegypti

Posted on

Nyamuk aedes aegypti atau biasa disebut nyamuk demam berdarah adalah faktor utama penyebab terjadinya penyakit demam berdarah. Cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan memberantas tempat tinggalnya.

Untuk pertama kita kenali terlebih dulu ciri-ciri nyamuk kecil aedes aegypti yang mematikan ini. Ciri khusus dan populer yang paling mudah diperhatian untuk mengenali nyamuk aedes aegypti adalah nyamuk ini memiliki pola belang-belang putih di sekitar tubuh sekaligus kakinya. Kehidupan sehari-hari nyamuk ini kalau di rumah dan teras biasanya terdapat di tempat-tempat yang banyak airnya atau genangan airnya, bisa juga di tempat penampungan air atau bak air. Di situlah habitat yang disukai nyamuk aedes aegypti dan sudah pasti terdapat juga telur nyamuk demam berdarah di tempat seperti itu yang siap berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Tempat-tempat lain yang disukainyamuk aedes aegypti adalah pohon yang batangnya memiliki lubang, lubang itu bisa menjadi tempat persembunyian nyamuk ini. Kemudian pot tanaman yang mungkin sudah tidak terpakai lalu tergeletak dengan sisa air di dalamnya. Nyamuk ini juga senang bertempat di tempat minum hewan peliharaan, maka harus sering dibersihkan dan diganti airnya. Terdapat juga pada mainan, vas, kolam renang, tempat sampah dan tempatlainnya yang berair atau lembab dan gelap. Pada rumah yang dekat dengan kebun sudah sewajarnya jika rumahnya terdapat banyak nyamuk.

Nyamuk aedes aegypti betina senang menghabiskan hidupnya di dalam atau di sekitar rumah agar leluasa dan cocok untuk berkembang biak. Nyamuk demam berdarah betina bisa terbang rata-rata sejauh 400 meter. Nyamuk demam berdarah menularkan virus ke manusia melalui gigitannya ke dalam kulit. Inveksi virus nyamuk demam berdarah lebih tinggi penularannya kepada manusia jika berada di luar ruangan dan pada waktu siang hari. Namun, nyamuk ini tetap bisa berkembang biak di dalam ruangan dan menggigit di malam hari. Nyamuk betina lebih berpengaruh terhadap penularan karena membutuhkan darah untuk memproduksi telur.

Nyamuk aedes aegypti mencari mangsa sekitar dua jam setelah terbitnya matahari dan beberapa jam sebelum terbenamnya matahari. Nyamuk ini tidak hanya menggigit pada manusia saja, tapi menggigit pada hewan mamalia atau peliharan. Penyakit demam berdarah dapat dicegah dengan membasmi habitatnya, caranya:

  • Tutup bak air ataupun tempat penampungan air agar nyamuk tidak berkembang biak.
  • Tutup lubang-lubang ventilasi, jendela, dan pintu dengan kasa nyamuk.
  • Membuang barang-barang yang sudah tidak dipakai.
  • Pakailah pakaian yang panjang.
  • Oleskan obat antinyamuk ke tubuh.
  • Tanam tanaman antinyamuk seperti lavender, seledri, sera, dan lain-lain.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka cegah penyakit demam berdarah dengan membasmi habitatnya. Kenali gejala penyakt tanda-tandanya.

Incoming search terms:

  • habitat aedes aegypti
Gravatar Image

Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do’anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply