Apa Sih Bahaya Kurang Tidur Malam Bagi Tubuh

Posted on

Tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh, tidur merupakan kebutuhan wajib semua usia, tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh,mengatur metabolisme,meningkatkan produktivitas,dll. Kurang tidur dapat mematikan seseorang secara tidak terduga. Ini adalah akibat kurang tidur :

bahaya kurang tidur malam
bahaya kurang tidur malam
  • Gangguan kemampuan belajar

Bagi pelajar yang sedang menjalankan program study kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi belajar, tidak bisa mengingat dengan baik,dan sulit menemukan solusi permasalahan. Tidur dapat mengistirahatkan otak sebentar, agar otak dapat meningkatkan kekuatan memori dan dapat menyimpan memori dengan baik saat kita sedang tidur.

  • Kecelakaan lalu lintas

Akibat kurang tidur yang kedua dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena mengantuk. Mengantuk saat menyetir dapat merendahkan perasaan was-was, membahayakan diri sendiri dan sesama pengguna jalan, jikan anda mengantuk dianjurkan untuk beristirahat sebentar.

  • Menurunkan tingkat libido

Kondisi ini disebabkan karena kurangnya energi, rasa mengantuk yang ditahan. Berkurangnya libido tidak baik bagi pasangan yang sudah menikah.

  • Menurunkan kadar testosteron pada pria

pria yang memiliki kebiasaan begadang menyebabkan kadar testosteran sangat rendah, menyebabkan tingkat kesuburan seorang pria rendah.

  • Depresi

Kurang tidur dapat menyebabkan depresi berat, hal ini sering terjadi jika memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6 jam perhari. Depresi bisa menyebabkan rasa cemas yang berlebihan,lebih sensitive,sering kurang enak badan.

  • Penampilan kulit yang buruk

Kulit merupakan cara mengukur kesehatan seseorang, bahkan dikalangan wanita kulit sangatlah diperhatikan. Semakin bertambahnya umur kesehatan kulit akan semakin berkurang. Jika kurang tidur hormon pertumbuhan yang dikeluarkan akan lebih sedikit menyebabkan otot lemah, tulang kurang kuat, kulit tidak kenyal dan elastis.

  • Menghambat pertumbuhan

Bayi yang baru dilahirkan akan menjalani waktu tidur yang panjang, dan semakin berjalannya umur waktu tidurnya akan semakin berkurang. Akibat dari kurangnya tidur malam apat menghambat pertumbuhan karena hormon yang dikeluarkan oleh tubuh hanya sedikit.

  • Obesitas

Rangsangan rasa lapar karena kurang tidur dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan,membuat nafsu makan naik drastis. Dan jika mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak,karbohidrat tentu akan menjadikan tubuh cepat gemuk.

  • Mudah marah

Kurangnya waktu tidur membuat tubuh kurang fit, dan membuat suasana hati tidak enak. Mengganggu komunikasi dengan orang sekitar karena emosi yang tidak stabil.

Demikianlah beberapa bahaya kurangnya tidur,tapi jangan tidur terlalu lama juga, dan jangan tidur di pagi hari.

Gravatar Image

Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply