Indahnya Gerakan Sholat dan Manfaatnya

Posted on

Sholat adalah kewajiban bagi setiap orang muslim, kecuali untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi. Sholat adalah amalan andalan, dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Jika seseorang teledor dengan solatnya, maka semua amalannya yang lain akan tidak ada harganya. Apalagi jika ada seseorang yang menunda-nunda waktu sholatnya hanya karena urusan dunia dia akan mendapat balasan dari Alloh atas perbuatannya.

indahnya gerakan sholat dan manfaatnya
indahnya gerakan sholat dan manfaatnya

Hanya didalam solat seseorang dapat berbincang dengan Alloh, melalui doa yang dipanjatkan dan ketulusan niat mereka. Sholat sebaiknya dikerjakan dengan pakaian yang rapi, jika anda bertemu dengan atasan anda, anda memakai baju rapi. Kenapa ketika anda bertemu bahkan berbincang dengan Alloh tidak menggunakan pakaian yang rapi dan harum? Selain itu gerakan didalam sholat juga memiliki beberapa manfaat :

  1. Takbiratul ikhram

Ini adalah gerakan pertama dalam sholat, yaitu mengangkat kedua tangan dan jari-jari sejajar dengan telinga lalu didekapkan di depan perut. Posisi jantung yang berada dibawah otak menjadikan darah mengalir keseluruh tubuh, lalu ketika kedua tangan diangkat otot-otot bahu akan merenggang menjadikan aliran dan oksigen semakin lancar.

  1. Ruku’

Gerakan kedua didalam sholat adalah rukuk, yaitu gerakan punggung merunduk lurus dengan kepala bagian belakang. Gerakan ini dapat menyempurnakan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat, lalu saat merunduk posisi jantung akan sejajar dengan otak dan aliran darah akan mengalir dengan maksimal menuju tubuh bagian tengah. Ketika tangan bertumpu pada lutut, otot-otot bahu akan merelaksasikan hingga ke bawah.

  1. Itidal

Gerakan ini dimulai dimana tubuh kembali setelah ruku’ dilanjutkan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga. Gerakan ini dapat memijatkan dan melonggarkan organ pencernaan.

  1. Sujud

Gerakan ini menungging dengan kedua tangan di samping kepala, lalu ujung kaki atau jari-jari kaki dan dahi ada pada lantai. Saat ini jantung ada diatas otak, darah yang kaya oksigen dapat mengalir ke otak secara maksimal. Lakukan gerakan ini dengan tenang, karena gerakan ini dapat menghindari penyakit wasir dan getah bening, selain itu sujud juga bermanfaat bagi wanita. Sujud bisa menyuburkan dan menyehatkan daerah kewanitaan.

  1. Duduk tahiyat

Tahiyat awal dan tahiyat akhir hanya berbeda pada posisi telapak kaki, saat posisi tahiyat awal itu dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang biasanya membuat orang tidak bisa berjalan. Dan saat posisi tahiyat awal sangat baik bagi pria karena gerakan ini dapat mencegah impotensi, dan gerakan juga bisa menjaga kelenturan dan kekuatan organ tubuh manusia.

  1. Salam

Salam adalah gerakan terakhir dalam sholat, yaitu memutar kepala kekanan dan kekiri. Manfaat dari gerakan ini otot sekitar leher dan kepala dan terelaksasikan, selain itu juga bisa menyempurnakan aliran darah di kepala, mengencangkan kulit dan mencegah sakit kepala.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply