Apa Sih Manfaat Daun Beluntas bagi Kesehatan

Posted on

Daun beluntas adalah tuumbuhan perdu yang tumbuh tegak dan memiliki batang kayu yang bercabang dengan ketinggian dapat mencapai 2 meter. Daun beluntas berbentuk bulat telur dengan ujung lancip dan dihias hiasi bulu bulu halus.daun beluntas muda mempunyai warna hijau agak kuning, semantara daun tua berwarna hijau tua dan berbulu dipermukaannya.kebanyakan manfaat daun beluntas hanya digunakan untuk lalapan, makanan hewan dan pereda panas tubuh.

manfaat-daun-beluntas

Kandungan senyawa phytocheminal di dalamnya seperti fenol, asam tannin, sterol,flavonoid, dan senyawa alkaloid yang diyakini sebagai sumberswnyawa antibakteri dan antioksidan yang ampuh melawan berbagai serangan penyakit. Dan apa sih manfaat daun beluntas bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini mari kita ulas:

  1. Mengobati nyeri pinggang

Nyeri pinggang adalah masalah yang biasanya dialami oleh mereka yang memasuki usia lanjut. Namun nyeri pinggang ini dapat dirasakan oleh siapa saja dan nyeri pinggang ini sangat mengganggu rutinitas apabila intensitas nyeri terus bertambah dan sering terjadi. Untuk mengobati rasa nyeri pinggang dengan daun beluntas dan minumlah air rebusannya secara teratur

  1. Pengusir bau badan yang tidak sedap

Seperti yang kita ketahui bahwa jika mengalami bau badan akan sanagt mengganggu aktifitas sehari hari kita terlebih lagi pada kehidupan social tentunya masalah ini menjadi penghalang besar. Baik itu wanita maupun pria pasti pernah mengalami hal tersebut, dan jika sudah mengalami hal tersebut pastinya akan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun saat ini anda sudah tidak perlu merasa cemas karenaa ini dapat diatasi dengan daun beluntas. Caranya hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun beluntas ini secara rutin.

  1. Menghilangkan keputihan

Tanaman beluntas ini adalah tanaman yang dikenal sebagai tanaman liar, namun banyak penyakit yang dapat diatasi dengan taaman ini seperti dapat menghilangkan keputihan. Cara kerja dari daun adalah dengan menghentikan keputihan secara keseluruhan dalam jangka waktu yang singkat. Selain itu, daun beluntas dapat mengobati nyeri haid sehingga rasa nyeri tersebut akan berkurang dengan sendirinya.

  1. Menghilangkan bau mulut

Dengan mengonsumsi daun beluntas yang dijadikan sebagai tumisan, lalapan itu bisa membantu anda untuk menghilangkan bau mulut yang sangat mengganggu sekali.

  1. Mengobati demam

Anda bisa menggunakan daun beluntas dengan melakukan cara merebus daun beluntas sebanyak 15 gram lalu tunggu airnya sampai mendidih, dan anda pun bisa langsung mengonsumsi airnya selagi masih hangat.

Demikian artikel tentang manfaat daun beluntas bagi kesehatan semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply