Sejarah Internet Di Indonesia

Posted on

Kali ini saya akan membahas tentang sejarahnya internet di Indonesia. Sebelum anda mengenal pengertian internet dan manfaat internet, ada baiknya anda mengetahui sejarah internet di Indonesia. Artikel ini akan menjelaskan sejarah internet secara lengkap, namun mudah untuk dipahami Karena pada artikel ini kalian menemukan rangkuman sejarahnya internet dengan singkat padat dan jelas.

Sejarah internet di Indonesia

Sejarah internet Indonesia bermula di awal pada tahun 1990-an. Waktu itu, jaringan internet di Indonesia sangat terkenal dengan paguyuban Network. M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Putu, Adi Indrayanto, Onno, W. Purbo. nama-nama yang saya sebutkan diatas adalah sejumlah nama legendaris yang awal membangun internet Indonesia yaitu pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing nama yang saya sebutkan telah menyumbang keahliannhya dan juga dedikasinya waktu itu juga menciptakan jaringan computer atau PC dan internet yang ada di Indonesia.

Gambar Icons Internet

Sejarah internet di Indonesia tahun 1992-1993

Pada tahun 1992-1993, Muhammad Ihsan, seorang peneliti di LAPAN Ranca Bungur yang menggunakan pimpinannya mak Adrianti yang menjalin sebuah kerjasama dengan DLR, dan mereka mencoba berbagi jaringan computer yang menggunakan teknologi radio paket pada band 70 cm serta 2 m. setelah itu, Muhammad Ihsan menjadi promotor penggerak di LAPAN untuk menciptakan dan mengoperasikan satelit buatan LAPAN Indonesia yang dikenal sebagai LAPAN TUBSAT maupun INASAT. Jaringan LAPAN dikenal juga sebagai JASIPAKTA serta didukung dengan DLR. Lalu Muhammad Ihsan mengoperasikan relai penghubung antara ITB Bandung yang menggunakan gateway internet yang ada pada BPPT. Firman Siregar juga mengoperasikan gateway radio paket yang bekerja pada band 70 cm. PC 385 sederhana yang menjalankan acara NOS di atas sistem operasi DOS yang dipergunakan menjadi gateway paket radio TCP/IP. IPTEKNEK masih berada di tahapan yang sangat awal perkembangannya.

Sejarah internet di Indonesia tahun 1994

Pada tanggal 7 juni 1994, Randy Bush berasal dari negara Portland, Oregon, Amerika serikat yang melakukan ping ke IPTEKNEK lalu ia melaporkan hasilnya pada rekan-rekannya yang ada di NSF Amerika serikat. Pada laporan Randy Bush tersebut waktu yang diharapkan untuk “ping” pertama dari Indonesia ke Amerika, yaitu kurang lebih 750 mili untuk melalui jaringan leased line yang berkecepatan 64 Kbps.

Incoming search terms:

  • Rangkumlah Sejarah Internet Diindonesia
Gravatar Image
walaupun saya orang yang tipe nggak majuan tapi saya tetap semangat, berusaha, dan berdo'a

Leave a Reply