Kenali Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Islam

Posted on

Dalam kehidupan kita sehari-hari, istilah munafik sudah sering sekali kita dengar. Kata munafik atau sering sisebut muna oleh anak jaman sekarang memang sering diucapkan ketika kita merasa sedang dikhianati atau sedang dibohongi oleh seseorang. Dan apa maksud sebenarnya dari munafik itu? Lalu apa saja ciri-ciri orang yang munafik?

Munafik adalah suatu sifat yang buruk dari seseorang. Sifat munafik dapat menyebabkan orang dikucilkan di lingkungannya. Istilah munafik menurut islam berarti sebuah julukan untuk merujuk pada orang-orang yang berpura=puramengikuti agama islam. Namun, sebenarnya hatinya tidak memiliki atau tidak mengakui kebenaran islam.

Sedangkan cirri-ciri orang munafik menurut islam itu ada 3. Sebagaimana Nabi pernah bersabda bahwa “tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. Ketika berbicara dia berdusta, ketika berjanji dia mengingkari, dan ketika dipercaya dia berkhianat” HR Bukhori.

Untuk dijuluki sebagai orang munafik sejati sepertinya harus memenuhi ketiga cirri-ciri orang munafik tersebut. Jika hanya satu cirri saja mungkin belum dijuluki sebagai orang munafik sejati dan baru hanya disebut calon orang munafik.

  1. Jika Berbicara Dia Bohong

Berbohong adalah perilaku tidak baik dengan mengatakan sesuatu yang tidak benar atau tidak sesuai fakta kepada orang lain. Sebagai contoh ketika kamu bercerita kepada kawan. Kamu bergosip tentang orang lain di luar pertemanan kalian. Kamu bercerita semua kejelekannya dan seakan-akan semua yang kamu katakana itu benar. Padahal kamu berbohong agar kawanmu membenci orang tersebut. Atau kamu bercerita tentang humor (melawak) di depan kawan-kawanmu, sehingga semua kawanmu tertawa. Padahal, semua yang kamu katakana hanyalah sandiwara agar kawanmu tertawa. Tanpa disadari niat baikmu yang ingin membuat kawanmu tertawa bahagia malah menjadikanmu sebagai orang yang memiliki ciri munafik.

  1. Jika Berjanji Dia Ingkar

Kamu pasti pernah atau bahkan sering membuat janji atau kesepakatan dengan orang lain. Dan mungkin kamu pernah lupa dengan janjimu sendiri atau kamu tidak mampu menepati janji yang kamu buat sendiri, maka kamu juga masuk cirri orang munafik yaitu ingkar. Misalnya kamu berjanji kepada kawanmu akan membelikan es krim jika temanmu mau membantumu mengerjakan tugas sekolah. Tapi setelah tugas selesai kamu tidak memenuhi janjimu karena sebenarnya kamu tidak punya uang. Berarti kamu termasuk juga cirri orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Jika Dipercaya Dia Khianat

Bagaimana rasanya dikhianati orang? Sifat khianat sudah menjadi kelas paling berat dan menyakitkan dibandingkan dengan sifat bohong dan sifat ingkar janji. Orang yang sudah berkhianat risikonya adalah dia sudah tdak pantas lagi untuk dipercaya. Dia akan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Dari penjelasan di atas,pasti sudah jelas sekali untuk dipahami. Dan sangat mudah sekali mengenali sifat-sifat seperti itu disekitar kita. Jika kamu pernah melakukan salah satu ciri di atas atau bahkan semua ciri di atas, segeralah bertobat.

Incoming search terms:

  • orang cantik munafik
Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply