Bahaya meniup Makanan atau Minuman Panas

Posted on

Meniup makanan atau minuman panas, agar nyaman ketika di makan  ini adalah sesuatatu yang umum di lakukan oleh  masyarakat. Taukah anda bahwa hal ini tidak baik untuk kesehatan? Berikut penjelasan  nya.

Ahli gizi mengatakan bahwa meniup makanan atau minuman panas akan memberikan transferan kuman dari orang yang meniup ke makanan atau minuman yang kita tiup. Jika orang yang meniup makanan atau minuman tersebut sedang sakit TBC,flu, hepatitis dan sebagainya maka kemungkinan penularan bisa saja terjadi. Hal ini di benarkan ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa Nabi telah melarang untuk meniup makanan dan minuman panas. Berikut beberapa bahaya yang dapat di timbulkan dari meniup makanan atau minuman panas :

bahaya meniup makanan panas
bahaya meniup makanan panas

1 mikroorganisme

Dengan kita bernafas, mikroorganisme yang beada di dalam mulut kita akan terbawa keluar bersama virus serta bakteri. Dan hal itu akan menempel pada makanan atau minuman. Maka jangan terbiasakan meniup makanan atau minuman, tunggu lah hingga dingin atau tidak terlalu panas untuk dapat mengkonsumsinya.

  1. kotoran.

Mulut adalah tempat kita mengunyah semua makanan yang nantinya akan kita cerna. Kotoran yang di maksud adalah kotoran yang berada dalam mulut kita. Makanan yang hancur tidak semua nya masuk ke dalam lambung. Pastinya aka nada sisa- sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut kita, hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya bakteri. Jika kita menghembuskan nafas pada makanan, maka bakteri tesebut akan terbawa.

  1. asam karbonat

Asam karbonat adalah suatu zat kimia, yang sebenarnya telah ada di dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengatur kadar keasaman darah. Asam darah dan asam karbonat ini harus seimbang. Jika salah satu dari dua jenis asam tersebut lebih tinggi maka akan terjadi asidosis. Asidosis ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Gangguan ini di tandai dengan, detak jantung semakin kencang, mudah lelah, capek, dan pusing. Hal ini terjadi karna tubuh kita berusaha menyeimbangkan kadar PH darah. Nah, hubungan ini dengan meniup makanan atau minuman yang masih panas adalah jika seseorang meniup atau bernafas, maka dia akan mengeluarkan CO2 atau karndioksida. Meski hal ini jika di tiupkan pada makanan atau minuman memiliki pengaruh yang sangat kecil pada kesehaatan, bukankah lebih baik menghindarinya?

  1. dapat mengagnggu kesehatan ginjal.

Makanan atau minuman yang di tiup akan menyebabkan bercampurnya H2O dengan CO2 yang akhirnya akan menjadi asam karbonat, seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa asam karbonat dapat mengatur PH darah. Jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah bercampur dengan asam karbonat dapat meningkatkan keasaman dalam darah. Hal ini lah yang dapat mengakibatkan turunnya kinerja ginjal.

Incoming search terms:

  • mengapa meniup makanan dapat menganggu kesehatan ginjal
Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply