TAX Amnesty

Apa Itu TAX Amnesty, Pengertian, Kebijakan dan Manfaat TAX Amnesty

Posted on

Negara Indonesia mulai memberlakukan TAX Amnesty atau Amnesti Pajak tahun 2016, meskipun kebijakan tersebut sudah diterapkan pada tahun 1984 dan tahun 2004. Namun tidak sesuai dengan harapan atau gagal karena kurang menarik dan aparat penegak hukum belum memberikan dukungan secara maksimal. Harapannya adanya kebijakan TAX Amnesty bisa memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia. Semakin hari Indonesia menjadi bangsa yang berkembang dan mampu menjadi salah satu bangsa yang stabil dalam perekonomian.

TAX Amnesty
TAX Amnesty

Semoga penjelasan singkat tentang TAX Amnesty, Apa itu TAX Amnesty, Kebijakan TAX Amnesty dan Manfaat TAX Amnesty bisa memberikan sedikit gambaran tentang kebijakan Pemerintah tentang TAX Amnesty di Indonesia.

1. Pengertian TAX Amnesty

TAX Amnesty adalah pengampunan pajak alias pengurangan pajak pada harta yang dimiliki oleh suatu badan usaha yang akan segera diatur dalam Undang Undang Pengampunan Nasional. Lebih mudahnya adalah TAX Amnesty itu penghapusan pada pajak yang berhutang. Harapannya dalam program tersebut, semua wajib pajak melaporkan semua hartanya. Penghapusan pajak, penghapusan sanksi pidana terutama dalam hal pajak ataupun sanksi pidana tertentu yang membuat wajib pajak membayar dengan uang tebusan semua dibebaskan adanya kebijakan TAX Amnesty. Kebijakan tersebut tidak hanya fokus pada warga yang punya simpanan di luar negeri namun semua wajib pajak yang wajib melaporkan semua hartanya ke Pemerintah. Melaporkan secara detail dan tidak adanya pengaturan keuangan dalam perusahaan sehingga sesuai dengan harta yang dimiliki perusahaan.

2. Kebijakan TAX Amnesty

Kebijakan TAX Amnesty dibagi menjadi 3 periode. Periode awal yaitu Oktober sampai dengan Desember 2015 dengan tarif yang dikenakan dari semua harta wajib pajak sekitar 3%. Periode 2 yaitu Januari sampai dengan Juni 2016 dengan tarif yang dikenakan dari semua harta wajib pajak sekitar 5%. Periode 3 yaitu Juli sampai dengan Desember 2016 dengan tarif yang dikenakan dari semua harta wajib pajak sekitar 8%

3. Manfaat TAX Amnesty

TAX Amnesty bermanfaat bagi Pemerintah, Pengembang dan Investor. Dimana Pemerintah sebagai penerima pajak tujuannya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia, Pengembang dan Investor sebagai wajib pajak akan mendapatkan banyak manfaat dari pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di tahun berikutnya serta sangat memberikan keuntungan terhadadap dunia bisnis. Bagi Pengembang senang karena ekonomi semakin membaik, dari sisi investor juga senang karena tidak ada rasa takut lagi untuk investasi uang mereka.

Demikian ulasan singkat tentang TAX Amnesty, semoga bisa bermanfaat dan bisa jadi pengetahuan dan bahan referensi tentang TAX Amnesty.

Gravatar Image

Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply