gemar-membaca
Gemar Membaca

Tips Untuk Menghadirkan Hobi Membaca Dalam Kehidupanmu.

Posted on

Membaca, memang sebagian orang akan menyukai kegiatan ini, tapi ada juga sebagian lain yang akan menolak untuk melakukannya. Dengan membaca kita akan mempunyai wawasan yang lebih luas. Membaca tentu berhubungan dengan buku, dimana buku ini merupakan jendela dunia. Jadi jika kamu ingin untuk lebih mengetahui tentang dunia di luar sana tanpa harus repot-repot untuk pergi kesana. Maka mulailah untuk menyukai kegiatan membaca ini.

Banyak orang sukses yang memulai semuanya dengan selalu meng-update informasi dari luar melalui membaca. Mereka selalu membiasakan kegiatan ini, bahkan membaca ini merupakan kebutuhan wajib bagi mereka. Orang yang seperti ini kebanyakan akan membawa buku yang mereka baca kemana-mana. Karna memang dari buku semua ilmu dapat mereka dapatkan dengan mudah, tanpa harus mengganggu aktifitas sehari-hari, tetapi hanya perlu memanfaatkan waktu luang mereka hanya untuk sekedar membaca. Langkah berikut ini yang akan sedikit demi sedikit akan membuatmu menjadiakn membaca sebagai hobi:

  • Bacalah Buku yang Kamu Sukai
buku-merupakan-jendela-dunia
Buku Adalah Jendela Dunia

Ini merupakan langkah pertama dan kunci supaya kamu menyukai membaca. Tidak harus buku pelajaran atau buku yang memuat informasi yang harus kamu ketahui, itu hanya dapat membuat otakmu merasa berat dan lelah sebelum membacanya, dan tidak juga yang mengandung kosakata yang berat. Cukup dengan buku yang kamu sukai ataupun buku yang dapat menarik perhatianmu, dan dapat denagn mudah kamu ketahui maksudnya dengan bahasa yang sesuai dengan usiamu.  Kamu bisa memilih dengan bahan bacaan apa saja, topic apapun itu yang penting kamu tidak akan merasa bosan untuk membacanya.

  • Membacalah Minimal 10 menit Dalam Sehari.

Tidak perlu meluangkan banyak waktumu, minimal hanya 10 menit dalam sehari, asalkan dengan rutin. Mulailah dari 10 menit itu di 40 hari pertama, karna jika itu sudah mencapai 40 hari baru akan bisa menjadi kebiasaan. Yang kemudian kamu dapat menambah jangka waktu itu perlahan-lahan. Tambahlah waktu membacamu dalam sehari sesuai kemampuanmu, tidak usah terlalu memaksakan diri akan hal itu. Sebab jika sudah terpaksa itu akan menjadi sangat sulit bagumu untuk menyukainya.

  • Bacalah Dengan Bacaan Yang Ringan.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bacalah bacaan yang ringan-ringan saja yang penting kamu bisa menangkap isi dari bacaan tersebut. Selain itu juga otak kamu tidak perlu terlalu keras untuk memikirkan arti dari apa yang kamu baca. Sehingga kamu akan terus ketagiahan untuk membacanya berulang kali.

bawa-buku-saat-pergi
Bawa Bukumu Saat Pergi

 

  • Bawalah Buku Kesukaanmu Saat Kamu Pergi.

Langkah terakhir yaitu disaat kamu pergi, apalagi jika untuk berlibur. Tentunya akn tersedia banyak waktu untukmu. Maka selalu ingatlah untuk membawa buku. Hanya untuk sekedar mengisi waktu luangmu. Entah saat kamu sedang menunggu, ataupun saat taka da kegiatan lagi yang harus dilakukan. Sebab kita tidak akan tau dimana waktu longgar kita. Kalu kita tidak memanfaatkannya, maka waktu itu akan terbuang sia-sia

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • gambar orang membaca
  • gambar orang membaca buku
Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply