manfaat-bawang-putih
manfaat bawang putih

Apakah Anda Sudah Tahu? Manfaat Menakjubkan Bawang Putih Bagi Kesehatan

Posted on

Bawang putih atau allium sativum merupakan tanaman yang teramsuk dalam family amaryllidaceaae dan genus allium yang masih berkerabat dekat dengan bawang merah. Bawang bombau, bawang daun, dan jenis lainya.. berdasarkan sejarah, bawang putih sudah digunakan sebagai campuran masakan amupun obat-obatan sejak 7000 tahun yang lalu. Bawang putih memiliki cirri khas yaitu umbinya berwarna putih dan memilki bau yang menyengat, bau menyengat ini berasal dari 33 jenis senyawa sulfur yang terkandung dalam umbinya.Bukan hanya mengandung sulfur, bawang putih juga mengandung protein, serat, vitamin A, B1, C, senyawa enzim, dan juga mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, selenium, zat besi, sinc dan 200 senyawa kimia lainya.

manfaat bawang putih bagi kesehatan
Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Banyak orang menganggap bawang putih sebagai bumbu pokok dalam masakan tanpa mengetahui apa saja manfaat bawang putih. berikut sedikit penjelasan beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan.

  1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung sering disebabkan pola hidup yang tidak sehat, makanan yang tidak sehat dan kurangnya aktifitas fisik. Penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar. Bahkan jumlah penduduk amerika banyak yang meninggal karena penyakit jantung. Menurut penelitian dari india menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih sudah tak asing bagi penderita hipertensi, tanaman herbal ini dipercayai bisa menurunkan tekanan darah. Capraz et al, 2006 menjelaskan bahwa bawang putih merupakan tanaman yang paling efektif untuk terapi. Didalam bawang putih terdapat senyawa polisulfida yang mampu merangsang vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan diastol.

  1. Mengobati penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit kelebebihan glukosa yang tercampur dalam darah. Diabetes banyak di derita masyarakat dewasa. Penyakit ini ditandai dengan melemahnya fungsi insulin hilangnya control gula dalam darah. Sebauh penelitian menjelaskan bahwa bawang putih dapt menurunkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan. Dalam Penelitian lain juga menjelaskan bahwa ekstrak bawang putihdapat meningkatkan kadar serum insulin dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit kanker

Prnyakit kanker sering disebabkan pola hidup yang tidak sehat, bakteri, virus zat kimia maupun radikal bebas. Factor-faktor tersebut dapat menyebabkan tergangguanya kerja sel, sel yang terganggu akan tumbuh tak terkendali dan merusaak sel lain dalam tubuh (terjadinya kanker). Hal tersebut bisa kita hindari dengan mengkonsumsi bawang putih. karena dalam bawang putih terdapat banyak antioksidan yang vdapat mencegah efek radikal bebas yang merupakan penyebab utama penyakit kanker.

  1. Memperkuat system kekebalan tubuh

Sisitem kekebalan tubuh merupakan system yang mempunyai tugas paling penting, karena system ini bekerja menangkal dan mencegah datangnya penyakit  dan juga membantu proses penyembuhan saat sakit. Jika system ini terganggu maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih. Dalam bawang putih mengandung allicin, allin, asam amino dan sulfur yang dapt meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mengatasi masalah kulit

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah kulit seperti penyakit herpes dan jerawat. Di dalam bawang putih terdapat senyawa antibakteri yang dapat mengurangi peradangan kulit dan  membunuh bakteri penyebab jerawat atau dalam bahasa ilmiahnya p.acne. bawang putih juga dapt mengatasi penyakit herpes, terdapat senyawa antiviral dalam bawang putih yang mampu meredakan infeksi virus dan membantu proses penyembuhan kulit.

  1. Menyembuhkan diare

Dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang merupakan senyawa antibakteri. Bawang putih juga menghasilkan enzim allinase yang berfungsi menhgambat pertumbuhan bakteri pathogen. Yang mana bakteri ini menyebabkan penyakit diare. Saat anda mengalami penyakit diare di anjurkan mengkonsumsi 1 siung bawang putih mentah atau bawang putih kering dalam sehari.

Demikian sedikit Informasi dari Saya, semoga Bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image

Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu “BISA DAN MAMPU”. jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply