Bentuk Marah

Dampak Negatif Mudah Marah-Marah

Posted on

Siapa sih yang belum pernah marah? Setiap manusia pasti pernah marah. Hal itu wajar karena marah adalah respon dimana kita merasa tidak nyaman pada suatu hal,yang dilupkan keluar, tapi marah tidak harus diungkapkan. Ada sebagian orang yang bisa mengontrol amarahnya. Kontrol emosi sangatlah penting, agar diri kita tidak terus terusan di kendalikan oleh amarah. Amarah memiliki dampak negatif yaitu salah satunya adalah dengan munculnya gangguan kesehatan atau hal yang paling dasar adalah tidak disukai orang lain. Karena orang marah tidak mampu mengendalikan fikirannya, bisa jadi dia mengeluarkan perkataan perkataan yang mungkin dapat menyakiti hati orang lain.

Akibat Mudah Marah
Akibat Mudah Marah

Sering marah marah adalah suatu kebiasaan. Karena marah yang awalnya hanyalah sebuah respon ketidaknyamanan, jika dibiasakan akan menjadi suatu kebiasaan. Hal ini menyebabkan sekecil apapun kesalahan yang sebenarnya sepele akan memancing suatu kemarahan besar. Orang yang pemarah memiliki rasa sensitif yang sangat peka. Sehingga bila dipancing sedikit saja akan terpancing emosinya.

Kurang bisa mengontrol emosi juga bisa menyebabkan seseorang menjadi pemarah, stres, merasa tertekan, dan mampu menjadikan seseorang mudah depresi. Selain itu ada dampak lain mudah marah, antara lain:

  • Meningkatkan resiko mudah terserang penyakit

Orang mudah marah marah akan mudah memancing datangnya penyakit. Kondisi emosional dapat memicu datangnya hormon stres yang dapat meningkatkan denyut jantung yang akan berpotensi terserang penyakit jantung, troke, darah tinggi, bahkan kanker.

Akibat Emosi
Akibat Emosi
  • Kehilangan teman dekat atau bahkan orang yang dicintai

Sudah pasti mereka akan menjauh, karena kesabaran itu ada batasnya. Seseorang tidak akan tahan jika selalu dibuat pelampiasan amarah, dengan otomatis mereka lama kelamaan akan menjauh karena tidak tahan dengan itu semua.

  • Mempercepat proses penuaan

Kondisis emosional yang terjadi saat marah marah mampu mengaktifkan hormon sters yang mempercepat kerja seluruh organ dalam tubuh, sehingga mampu mempercepat proses penuaan. Selain itu saat marah, otot dan otak akan menjadi tegang sehingga mempercepat munculnya keriput pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

  • Mempersingkat usia

Ada sebuah penelitian bahwa orang yang pemarah akan mempercepat kematian. Hal ini karena saat marah, berbagai organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, otak, perut, dan kelenjar dalam tubuh mengalami perubahan dengan bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.

  • Merenggangkan hubungan kekeluargaan

Orang yang sering marah marah dapat menghilangkan kasih sayang pada siapapun. Jika kasih sayang hilang hubungan juga akan merenggang.

Itulah sebabnya kita tidak boleh sering marah. Tahan amarahmu, kendalikan amarahmu sebelum kamu dikendalikan amarahmu.

Gravatar Image

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply