Haruskah Tepat Waktu

Pentingkah Untuk Tepat Waktu?

Posted on

Tepat waktu? Apa alasan untuk harus tepat waktu? Apa manfaatnya jika kita tepat waktu? Bagi orang malas sangatlah susah untuk dapat bisa tepat waktu. Definisi tepat waktu adalah bisa mengerjakan sesuatu tepat pada waktunya dan tidak suka menunda-nunda pekerjaannya, karena orang yang tepat waktu sangatlah menghargai waktunya. Menurutnya, waktu itu sangat mahal harganya, tidak akan ada orang yang bisa membeli waktu, apalagi waktu yang telah lalu. Itu sangatlah mustahil untuk dikembalikan lagi. Maka dari itu orang yang tepat waktu sangatlah menghargai waktu. Orang yang tepat waktu itu sudah bisa dipastikan dia adalah orang yang rajin. Karena dia melakukan pekerjaan tepat pada waktunya tanpa ada fikiran untuk menundanya.

Tepat Waktu
Tepat Waktu

Apa alasan kita harus tepat waktu? Jawabanya adalah agar hidup kita lebih tertata dan tidak semrawut. Kenapa demikian? Karena dengan kita menghargai waktu kita akan tau kapan saat kita harus istirahat dan kapan kita harus bekerja. Kapan kita tidur dan kapan kita harus makan. Seakan akan hidup akan secara otomatis terprogram untuk melakukan suatu hal. Maka dari itu sifat disiplin waktu harus dimiliki agar memiliki hidup yang tertata. Misalnya jika ada tugas selama 1 bulan mengumpulkan artikel sebanyak 60 artikel, bandingkan orang yang disiplin dan tidak. Orang disiplin akan mencicilnya sedikit sedikit, mungkin dengan 2 artikel perhari tugas mereka akan tuntas dan terselesaikan dengan baik dengan ringan tanpa  merasa keberatan. Tapi orang yang malas akan  menunda-nunda pekerjaannya, mereka berfikir “waktuku lo masih banyak jadi santai saja tak perlu bingung, toh nanti juga selesai” Dan malah mereka gunakan untuk bermain-main. Dan setelah itu mereka akan kebingungan saat tugas itu akan dikumpulkan dan menyesal karna tugas nya belum terselesai. Mereka pasti akan berfikir “kenapa tidak aku kerjakan dari kemarin kemarin ya? pasti sudah selesai sekarang?” itulah penyesalan akan tetap berada di akhir. Itulah dampak orang yang tidak menghargai waktu. Mudah bingung dan serabutan tanpa arah.

Hargai Waktu
Hargai Waktu

Untuk bisa tepat waktu harus ada sebuah perencanaan didepannya. Misalnya, jika kita mendatangi sebuah acara, sedangkan acaranya akan dimulai pada jam 9, maka sebelum jam 9 kita sudah harus berangkat supaya kita tidak terlambat, mempertimbangkan berapa lama waktu yang diperlukan supaya tidak terlambat. Seperti itu juga suatu latihan untuk bisa tepat waktu. Tepat waktu akan meberi manfaat pada diri kita, yaitu kita akan lebih dipercaya orang lain untuk mengerjakan tugas, karena mereka yakin bahwa orang yang tepat waktu akan menyelesaikan tugasnya dengan tepat pada waktunya, tanpa pernah menunda-nunda pekerjaanya.

Waktu Adalah Uang
Waktu Adalah Uang

Belajarlah menjadi orang yang tepat waktu, karena itu pasti akan bermanfaat bagi diri kalian suatu saat nanti. Orang yang tepat waktu itu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Ingat, hargai waktu, maka waktu juga akan menghargaimu dengan memberimu sesuatu yang bermanfaat.

 

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply