Larangan meniup makanan panas

Bahaya Meniup Makanan Dan Minuman Saat Masih Panas

Posted on

Saat makanan anda masih panas apa yang biasa anda lakukan supaya makanan itu cepat dingin dan mudah untuk dimakan? Mungkin sebagian dari anda akan berfikir hal mudah yaitu akan meniupnya saja. Tapi sebenarnya itu bukanlah pilihan yang tepat. Tahukah anda itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda? Bagaimana penjelasan ilmiahnya? Ini dia penjelasan ilmiahnya.

Larangan Meniup Makanan
Larangan Meniup Makanan

Beberapa ahli kesehatan berpendapat, bahwa meniup makanan akan memberikan sebuah peluang adanya perpindahan kuman si peniup makanan dan makanan yang ditiup. Secara otomatis kuman yang berada dalam mulut akan berpindah ke makanan. Bukankah itu sangat menakutkan jika sampai ada kuman yang masuk kedalam tubuh hanya karena keteledoran kita? Pikirkan jika si peniup saat itu sedang menderita flu atau bahkan hepatitis, itu akan memudahkan penularan penyakit si peniup dengan orang yang memakan tiupan makanan itu. Penyakit itu akan dengan mudah menyebar ke tubuh seseorang yang memakan makanan itu. Tentulah hal itu sangat menakutan bukan? Dan sangat membahayakan kesehatan. Dan juga saat meniup makan atau minuman, secara otomatis gas yang kita keluarkan mengandung CO2. Menurut penjelasan reaksi kimia, jika uap air bereaksi dengan CO2  akan membentuk senyawa asam karbonat yang bersifat asam, sehingga akan berbahaya bagi tubuh kita.

Meskipun pendapat tersebut masih perlu dipertanyakan karena ada yang berpendapat jika yang dapat bereaksi adalah hanya CO2 dan uap air yang memiliki tekanan tinggi. Jadi hanya makanan panas saja yang berbahaya untuk ditiup. Alasan lainnya adalah sebenarnya jangan meniup makanan dan  minuman adalah bukan masalah pada makanan atau airnya, tapi komponen air. Air mengandung zat CaO (kapur tohor) yang apabila ditiup dan bereaksi dengan CO2 akan membentuk CaCO3 dan yang akan menyebabkan penyakit batu ginjal.

Lalu bagaimana cara mendinginkan makanan tanpa meniupnya? Ada cara lain untuk mendinginkan makanan yang aman dan tidak membahayakan bagi keshatan tubuh, yaitu dengan menggunakan kipas. Alasannya karena jika kita meniup dengan mulut, kita akan mengeluarkan CO2 tapi berbeda dengan kipas, kipas tidak mengeluarkan CO2, sehingga makanan tersebut akan aman untuk dimakan.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • cara mendinginkan makanan tanpa ditiup
Gravatar Image

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply