Agama di indonesia
Agama di indonesia

Mengapa ada Banyak Agama di Indonesia ini?

Posted on

Manusia adalah mahluk yang selalu bartanya. Pertanyaannya itu mengikuti keinginan tahunnya. Biasanya keinginantahunya itu juga mengikuti perkembangan usia. Dan seiring bertambahnya usia, semakin banyak hal yang menimbulkan banyak pertanyaan. Apapun dapat ditanyakan . Itulah yang dinamakan kecerdasan manusia. Kalian adalah manusia yang cerdas. Seumur kalian pastinya bertanya itu sangatlah penting agar nantinya dalam usia dewasa kalian merasa lega dan percaya diri menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Berbeda-beda tetapi tetap satu
Berbeda-beda tetapi tetap satu

Nah, oleh karena itu kembali pada pertanyaan kalian, “Mengapa ada banyak agama di Indonesia in?” Mari kita pikirkan dahulu keterangan berikut ini, lalu apakah kita peroleh jawabannya setelah itu.

Agama di Indonesia memanglah sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideology bangsa Indonesia sendiri, Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sejumlah agama di Indonesia itu berpengaruh secara kolektif terhadap politik, ekonomi dan budaya. Bahkan di tahun 2000, kira-kira 86,1% dari 240.271.522 penduduk di Indonesia adalah pemeluk Islam, 8,7% Protestan, 3% Katolik, 1,8% Hindu, dan 0,4% kepercayaan lainnya.

Dalam UUD 1945 itu menyatakan bahwa “tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya” dan “menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya”. Dan bagaimanapun pemerintah secara tidak resmi hanya mengakui enam agama yang ada di Indonesia ini, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budhha dan Konghucu.

Dengan banyaknya agama maupun aliran kepercayaan lainnya yang ada di Indonesia ini, konflik antar agama pun sering kali tidak terelakkan. Bahkan lebih dari itu, kepemimpinan politis yang ada di Indonesia ini memainkan peranan penting dalam hubungan antar kelompok maupun golongan lainnya. Program transmigrasi secara tidak langsung telah menyebabkan sejumlah konflik di wilayah timiur Indonesia ini.

Agam tumbuh bersamaan dengan peradaban. Jadi sudah ribuah tahun agama bersama manusia. Ada berbagai agama di peradaban dunia ini, ada berbagai kebiasaan dan beragam cara hidup. Maka masuk akal bila da banyaknya agama di Indonesia ini. Agama adalah kumpulan ajaran yang diwariskan sepanjang sejarah peradabannya kepada manusia. Yaitu ajaran tentang cara hidup yang baik menurut masing-masing peradaban atau masing-masing kepercayaan. Ada yang percaya bahwa agama itu berasal dari Tuhan, ada juga yang menganggap bahwa agam itu adalah kumpulan ajaran orang-orang bijak.

Tapi meskipun di Indonesia ini memiliki banyak agama, tapi kita sesame warga negara Indonesia harus saling menghargai satu sama lainnya. Tidak boleh saling ejek-mengejek antar agama atau bahkan tejadinya perang antara agama, karena kita ini sudah memiliki agama masing-masing dan pastinya kita itu di ajarkan harus saling menghargai antara agama. Jadi saya harap kedepannya negara kita ini tentram aman dan damai.

Incoming search terms:

  • agama di indonesia
  • mengapa indonesia memiliki banyak agaman
  • kenapa sih ada banyak agama?
  • kenapa indonesia mempunyai banyak agama
  • kenapa indonesia memiliki banyak agama
  • kenapa indonesia ada banyak agama
  • kenapa di indonesia terdapat banyak agama
  • kenapa di indonesia memiliki banyak keyakinan
  • kenapa di indonesia ada banyak agama
  • kenapa ada banyak agama diindonesua ini
Gravatar Image

Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply