Sejarah Panjalu Ciamis

Posted on

Panjalu adalah sebuah kerajaan yang bercorak Hindu yang terletak di ketinggian 731 M dan berada di kaki Gunung Sawal (1764 M) Jawa Barat. Posisi Panjalu ini dikelilingi oleh benteng alamiah yang berupa rangkaian pegunungan. Dari sebelah selatan dan timur berdidri kokoh Gunung Sawal yang memisahkannya dengan wilayah Galuh, bagian baratnya debentengi oleh Gunung Cakrabuana yang dahulunya menjadi batas dengan kerajaan Sumedang Larang dan di sebelah utaranya memanjang Gunung Bitung yang menjadi batas kabupaten Ciamis dengan Majalengka. Yang dahulunya merupakan Panjalu dengan Kerajaan Talaga.

Panjalu Ciamis
Panjalu Ciamis

Dan secara geografis pada abad ke-13 sampai abad ke-16 pada tahun 1200-an sampai dengan tahun 1500-an, Kerajaan Panjalu ini berbatasan dengan Kerajaan Talaga, Kerajaan Kuningan, dan Cirebon si sebelah utara. Dan di sebelah timur Kerajaan Panjalu berbatasan dengan Kawali (Ibukota Kemaharajaan Sunda 1333-1482). Wilayah selatannya berbatasan dengan Kerajaan Galuh, dan sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kerajaan Galunggung dan Kerajaan Sumedang Larang.

Pasucian Bumi Alit atau lebih popular dengan sebutan Bumi Alit saja, mulai sekarang dibangun sebagai tempat penyimpanan pusaka peninggalan Prabu Sanghyang Borosngoro oleh Prabu Rahyang Kancana di Dayeuh Nagasari, Ciomas. Dan adapun kata-kata bumi alit dalam Bahasa Sunda berarti “rumah kecil”.

Dan adapun benda-benda pusaka yang tersimpan di Bumi Alit itu antara lain adalah:

  1. Pedang, cinderamata dari Baginda Ali Ra ini sebagai senjata yang dulunya digunakan untuk pembelaan diri dalam rangka menyebarluaskan agama Islam.
  2. Cis, berupa tombak bermata dua ini atau dwisula yang berfungsi sebagai senjata pelindung dan kelengkapan dalam berdakwah atau berkhutbah dalam rangka menyebarkan ajaran agama Islam.
  3. Keris, sebagai pegangan para Bupati Panjalu.
  4. Keris Komando, senjata yang satu ini digunakan oleh Raja Panjalu sebagai penanda kedudukan bahwa ia seorang Raja Panjalu.
  5. Bangreng, digunakan sebagai senjata perang pada zaman dahulu.
  6. Pancaworo, digunakan sebagai senjata senjata perang pada zaman dahulu.
  7. Gong Kecil, digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan rakyat pada zaman dahulu.
  8. Kujang, senjata perang khas Sunda peninggalan petapa sakti yang bernama Pendita Gunawisesa Wiku Trenggana atau yang sering terkenal ialah Aki Garahang , yang diturunkan kepada para Raja Panjalu.

Oke, mungkin sekian sekilas sejarah Panjalu Ciamis yang saya jelaskan kepada anda semua. Mudah-mudahan bermanfaat yah~

Incoming search terms:

  • poto desa ciamis panjalu
  • sejarah panjalu
Gravatar Image

Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply