Khasiat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Posted on

Pepaya? Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Semua orang pasti sudah mengonsumsinya. Buah pepaya ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan thiamin.

manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan

Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah pepaya ini telah dipercaya memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan anda, dari mulai pencernaan, menurunkan berat badan, kesehatan prostat hingga kanker usus.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas secara tuntas manfaat luar biasa buah pepaya khususnya untuk melancarkan kesehatan penceranaan anda. Ada beberapa bukti bahwa buah buahan seperti papaya dapat membantu pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti.

Buah pepaya merupakan buah  yang kaya akan  enzim proteolitik yang sangat berharga, seperti papain, chymopapain, caricain dan glycyl endopeptidase, yang dapat membantu dalam proses penceranaan. Papaya memiliki berbagai macam khasiat diantaranya khasiat buah pepaya bagi kesehatan adalah:

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat pepaya yang mungkin telah banyak diketahui bahwa dengan mengonsumsi buah pepaya dapat menyehatkan pencernaan. Ini dikarenakan buah pepaya mengandung papain yang mampu mengurangi masalah yang timbul pada system pencernaan tubuh, kandungan serat pada buah pepaya juga cukup tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

  1. Membantu mencegah penyakit kanker

Manfaat buah pepaya selnjutnya yaitu dapat membantu dalam mencegah kanker usus besar, karena kandungan serat yang cukup tinggi dan juga pepaya mengandung zat lycopene yang dapat membantu mencegah panyakit kanker.

  1. Meningkatkan system imun

Jus pepaya mengandung berbagai vitamin termasuk kay akan vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu dalam meningkatkan system imun tubuh atau kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jus pepaya anda bisa mencegah penyakit seperti flu, demam atau hidung tersumbat.

  1. Mengurangi osteoporosis

Buah pepaya mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk dengan adanya enzim inflamasi yang dapat meminimalisir perasaan sakit bagi orang orang yang menderita osteoporosis dan arthritis.

  1. Menjadikan kulit sehat

Kandungan zat yang memiliki nama papain dalam pepaya mampu menjadikan kulit menjadi cerah bercahaya karena dengan adanya beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah pepaya bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu buah pepaya juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat pada kulit wajah anda.

  1. Menurunkan berat badan atau diet

Kahsiat buah pepaya selanjutnya yaitu untuk diet atau menurunkan berat badan. Tidak hanya untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu buah pepaya juga dapat dijadikan sebagai menu diet anda. Kandungan serat yang tinggi ditambah adanya kadar air yang terdapat di dalam buah pepaya mampu menjadikan perut tetap merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin C juga memberikan cadangan energy bagi tubuh.

  1. Menyehatkan mata

Manfaat lain dari buah pepaya yaitu mampu membantu menjaga kesehatan mata , karena pepaya banyak memiliki vitamin A dan dapat menjadi betakaroten ketika dicerna oleh tubuh sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Anti peradangan

Kandungan protein enzim yang baik bagi pencernaan yang dimiliki pepaya (papain dan chymopapain) membuat buah pepaya menjdi buah yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Selain itu pepaya merupakan buah yang baik untuk penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Demikian artikel di atas semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image

Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply