9-year-old girl sleeping

Apa Sih Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala?

Posted on

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang pasti dilakukan manusia tiap harinya, dengan tidur dimalam hari kita bisa melepas penat setelah seharian beraktifitas. Pada umumnya waktu untuk tidur sekitar 6-8 jam setiap hari, jadi waktu anda untuk tidur maksimal pukul 11 malam, agar anda bisa bangun pagi dan melaksanakan aktivitas dengan fresh.

bahaya tidur dengan lampu menyala
bahaya tidur dengan lampu menyala

Setiap orang memiliki jam tidur yang berbeda-beda, semua tergantung oleh aktivitas yang dilakukan seharian, pola makan dan gaya hidup masing-masing. Bukan hanya jam tidur yan diperhatikan untuk mendapat kualitas tidur yang baik, faktor pencahayaan pun juga harus diperhatikan. Sebagian orang terbiasa tidur dengan lampu menyala, tapi ada juga orang yang tidak bisa tidur jika lampu dinyalakan. Ternyata, tidur dengan lampu menyala membawa efek buruk bagi kesehatan lho. Inilah dampak buruknya :

  1. Menghambat produksi melatonin

Ini adalah salah satu dampak tidur dengan lampu menyala, tubuh akan kurang optimal dalam memproduksi melatonin. Melatonin adalah salah satu enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor dan sel kanker. Melatonin juga dapat memerangi kanker dan tumor ganas, melatonin tidak dapat berkembang dengan baik jika saat tidur lampu dalam keadaan menyala.

  1. Gangguan tidur

Biasanya jika tidur dengan lampu menyala mengakibatkan anda insomnia, atau susah tidur. Lampu menyala dapat meningkatkan potensi anda bangun tengah malam, tidur kurang nyenyak dan keesokan harinya anda akan kelihatan seperti orang kurang tidur dan mungkin saja gangguan yang lain akan datang pada anda tanpa anda sadari.

  1. Pegal pada mata

Kesehatan mata akan menurun jika anda tidur dengan keadaan lampu menyala, mata akan terasa pegal, apalagi ketika anda mencoba memejamkan dan membuka mata anda. jika anda tidur dengan lampu menyala akan menyebabkan otot kelopak mata anda tegang. Selain itu mata anda juga bisa saja gatal dan merah karena lampu menyala saat tidur.

  1. Kualitas tidur menurun

Ini akan berpengaruh buruk untuk aktivitas anda di keesokan hari, bisa saja ini semua karena anda insomnia atau sering bangun tengah malam, jadi jam tidur anda berkurang. Selain itu, konsentrasi anda akan menurun, anda akan lemas seperti orang yang kurang semangat.

  1. Mengganggu sistem metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh akan terganggu, padahal sistem metabolisme tubuh adalah salah satu hal penting dalam tubuh anda. anda akan merasa lemas, kurang konsentrasi, mudah lelah dan daya tahan tubuh menurun.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply