teman-bajigur
tak pernah konsisten dengan perkataannya

Kenalilah Teman yang Bermuka Dua.

Posted on

Dalm berteman pastinya kita memiliki teman yangmemiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang pertama kenal itu sudah tidak mengenakkan, dan saat itulah kita mulai menghindar. Dan ada pula yang pertama kenal sifatnya ramah, sehingga banyak yang ingin berteman dengannya. Meski sifat-sifat awalnya begitu diakhirpun sifatnya tetap membekas yaitu tetap ramah dan begitu adanya. Namun ada juga yang sifat awalnya hanyalah tipuan tidak benar adanya. Maka dari itulah ada pepatah mengatakan “hal yang paling misterius di dunia adalah hatinya manusia”.

Untuk memahami pepatah tersebut juga sanagtlah penting karena itu juga berhubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Siapa yang menyangka kalau orang yang kita kenal sebagai teman biasa, teman dekat, teman curhat, atau bahkan sahabat, bisa jadi adalah orang yang perlu kita hindari. Hal ini perlu kita ketahui agar kita tidak terlalu menghabiskan waktu kita untuk orang yang pada akhirnya nanti hanya akan meninggalkan luka dan pergi begitu saja. Mungkin sangatlah banyak orang yang baik hanya di awalnya saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk membedakan mana yang benar tulus apa adanya dengan mana teman yang bermuka dua. Berikut membedakannya.

Kebaikan seseorang terkadang memang perlu dicontoh tapi kita tak pernah tahu niatnya. Jika dia tidak terang-terangan minta pengakuan namun sebenarnya meminta sanjungan. Kamu perlu waspada akan ketulusannya.

muka-dua
Kebaikannya yang aneh perlu dicurigai

Berbuat baik adalah sebuah tindakan yang yang tentunya patut dicontoh dan pantas untuk diberikan pujian. Namun terkadang tak semuanya datang dengan niat yang tulus. Di sini bukan maksudnya mengajarkan untuk berburuk sangka tapi realitanya yang terjadi di kehidupan sekarang banyak sekali orang yang berbaik hati justru mengharapkan balasan. Mereka memang tak memintanya secara langsung akan tetapi yang mereka lakukan adalah mengungkit kebaikan yang pernah dia lakukan kepada kita seakan-akan menyuruh kita untuk terus memberikan respon dan sanjuangan untuknya.

Jika hal ini terjadi hanya sekali dua kali atau dari orang yang tidak dekat dengan kita kita bisa  saja mengabaikannya. Tapi bila hal ini terjadi diantara rekan kerja, teman dekat, atau kekasih mungkin atau sesorang yang sering kamu temui. Maka kamu perlu berhati-berhati untuk bergaul pada mereka. Pujian atau sanjungan yang singkat mungkin tak cukup bagi mereka yang memilki niat yang tersembunyi dari yang dia lakukan.

Sering memberikan saran. Tapi bukan demi kepentingan yang mendengarkan, akan tetapi hanya demi memuaskan ego pribadi agar didengarkan.

saran
Selalu memberikan saran yang terkadang tak masuk akal

Kita memang hidup bersosialisasi pastinya secara tidak langsung kita akan bersandar satu sama lain untuk bertahan. Terutama ketika kita sedang mengalami kesulitan, dan kita tidak mampu untu jalan keluarnya sendiri sehingga kita meminta bantuan orang lain. Mungkin untuk orang-orang terdekat mudah untuk meminta bantuan. Tapi ada juga orang yang di sekitar kita tanpa dimintai saran atau pendapat pun dia langsung membagikan opininya, nah untuk kali ini kamu harus bijak dalam menyikapi saran dan pendapatnya. Dan pastinya ada saran yang harus kamu pertimbangkan bukan.

Meski begitu kamu harus tetap berhati-hati jika kamu mendengarkan semua sarannya, mengapa begitu? Iya karena kebanyakan orangg yang seperti itu memberikan komentar untuk kamu bukan dari keluh kesahmu melainkan dari egonya sendiri. Meskipun dia tampak seperti pendengar akan tetapi yang sebenarnya dia bukan mendengarkan akan tetapi malah ingin didengar dan jadi pusat perhatian. Saran yang diberikan terkadang malah membuat masalahmu tidak terpecahkan dan kamu malah tersesat karena dia memberikan sarannya mengikuti egonya sendiri bukan dari keluh kesahmu.

Sering sok-sokan untuk meluruskan gosip-gosip hangat. Tapi sebenarnya dia malah menyelipkan gosip yang baru.

teman
Selalu memberikan gosip hangat tapi dibumbui dengan ucapan yang dusta

Bergosip mungkin tidak bisa terlepas dari keseharian kita. Jika tidak percaya lihat saja pada acara-acara TV nasional yang mana setiap waktu pasti ada acara yang menggosipkan orang-orang. Nah, jika temanmu ada yang bangga kalu dia menjadi ratunya gosip maka kamu perlu hati-hati untuk tidak membeberkan rahasiamu kepadanya. Dna yang lebih bahaya adalah teman yang sok tak suka bergosip sering memberikan fakta untuk membenarkan gosip tersebut. Tapi bukan malah benar justru malah aneh dan gosipnya makin panjang. Dan kamu harus hati-hati jangan sekali-kali untuk membagikan rahsiamu karena bisa jadi kalau kamu tak berkumpul dengannya rahasiamu itu bisa menjadi gosipnya.

Banyak mengobral janji-janji manis tapi realitanya hanya omongan basi. Omongannya selalu tinggi dan penuh dengan bunga-bunga tapi realitanya nol besar.

teman-baik
Sok menebar janji realita nol besar

Ketika pertama kenal memang terkesan baik dan tidak segan-segan untuk menawarkan atau menjanjikan banyak hal yang mungkin terdengar luar biasa di telingamu. Namun semakin lama kamu mulai menyadari bahwa dia tidak pernah mengannggap serius janji-janji yang pernah dia tawarkan kepadamu.

Mungkin dari kebiasaan yang sangat sederhana tapi sangat menjengkelkan seperti membatalkan janji untuk bertemu padahal dialah yang membuat janjian atau janji akan mentraktir ketika ulang tahunnya dan akhirnya pun dia pura-pura lupa dan menganggapnya bercanda. Dan untuk kamu jangan mudah percaya pada janji-janji yang terlihat tidak mungkin dia lakukan, cukup mengiyakannya saja.

Dia memang sering memberikan sanjungan tapi seperti tidak terlihat dari hati tulusnya. Karena dalam sanjungannya bersamaan dengan rasa dengkinnya kepadamu.

dia selalu memberikan sanjungan palsu
Dia selalu memberikan sanjungan palsu

Teman bermuka dua terkadang memang sering memberikan pujian terhadapmu. Sampai-sampai hal yang sangat remeh saja dia berikan pujian agar dia terlihat sering memperhatikanmu. Karena terlalu seringnya memberikan pujian entah mengapa diakhir pujiannya dia malah memuji dirinya sendiri dan yang lebih parah dia merndahkan pujiannya menjadi kritikan. Jadi hal ini sama seperti janji-janjinya basi, jadi jangan terlalu senang dengan sanjungannya teman bermuka dua.

Mereka yang bermuka dua akan selalu gagal konsisten baik dalam perkataan atau perbuatan. Dia akan sering berbohong atau plin-plan.

teman-bajigur
Tak pernah konsisten dengan perkataannya

Seorang teman yang tulus akan selalu berpegang teguh pada omongannya karena sepenuh hatinya akan berusaha untuk bertanggung jawab dari apa yang telah dia perbuat. Dan mereka yang bermuka dua tidak akan berfikir dua kali ketika berbicara. Mereka yang bermuka dua selalu berusah keras untuk menjelaskan perilakunya yang tidak konsisten.

Aturan yang terpenting dalam berteman adalah dengan menjadi dirimu sendiri yang setulus-tulusnya. Jika memang untuk menjadi diri sendiri tidak menyenangkan orang lain maka kamu mintalah pendapatnya apa yang membuat mereka tidak menyenangimu. Daripada kamu harus menjadi orang lain dan berteman dengan semua orang tapi pada akahirnya kedokmu akan terbuka bahwa kamu teman bermuka dua. Lebih baik kamu berteman dengan orang-orang yang memang kehadiranmu itu dihargai apa adanya.

Incoming search terms:

  • muka dua
Gravatar Image

Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply