Jangan Mencuci dan Menyimpan Telur Dalam Kulkas! Ini Bahayanya

Posted on

Menyimapn telur dalam kulkas inilah kebiasaan yang sering di lakukan kebanyakan orang masa kini. Namun, jika di lihat dari segii baik atau tidaknya, para ilmuwan mengatakan bahwa cara demikian ternyata tidak baik. Menyimapan telur dalam lemari es dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian aturan pemasaran telur yang ada di Eropa, mengatakan bahwa jika telur disimpan di dalam lemari es, kemudian di keluarkan beberapa saat, maka akan mengalami perubahan yang drastic. Itulah yang menyebabkan terjadinya penumbuhan bakteri yang terdapat pada cangkang telur. Kemudian akan meresap kedalam telur. Hal ini tentunya akan menganggu kesehatan bukan?

bahaya menyimpan telur dalam kulkas
bahaya menyimpan telur dalam kulkas

Selain itu, ahli gizi pun juga mengatakan bahwa, telur yang di simpan dalam lemari es memiliki rasa yang kurang nikmat di bandingkan dengan  telur yang di simpan dengan suhu ruangan. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa menyimpan telur dalam kulkas ini akan mengurangi resiko bertumbuh nya bakteri salmonella. Namun beberapa alas an berikut akan membuat anda berpikir dua kali untuk menyimapn telur di dalam kulkas. Berikut alasannya :

  1. Kualitas telur menurun

Menyimpan telur di dalam lemari es atau kulkas ternyata dapat menurunkan kulaitas dan kesegaran telur. Jika anda ingin membuat kue, sebaiknya gunakanlah telur yang di simpan dalam suhu ruangan, karna jika menggunakan telur dengan suhu dingin, ini akan mengakibatkan kue sulit menjadi padat.

 

  1. Telur akan cepat membusuk

Penelitian membuktikan bahwa telur yang di simpan dengan suhu ruangan akan lebih awet di bandingkan telur yang di simpan dalam suhu ruangan dingin atau kulkas. Itulah sebabnya mengapa sebaiknya anda mneghindari menyimpan telur dalam lemari es.

 

  1. Dapat memicu pertumbuhan bakteri

Telur yang di simpan dalam lemari es dana kemudian di keluarkan beberapa saat akan menyebabkan kodennsasi, yaitu dapat mendorong pertumbuhan bakteri yang terdapat pada cangkang kulit telur dan akan meresap dalam telur. Hal ini akan menyebabkan telur tidak sehat untuk di konsumsi.

Selain bahaya menyimpan telur dalam kulkas, selanjutnya kita akan membahas bahaya mencuci telur. Kebanyakan dari kita pasti jijik dengan cangkang telur yang biasanya masih di temui kotoran. Kebanyakan dari kita menyimpan telur tersebut dalam kulkas, sehingga merasa jijik jika kotoran yang menempel dalam cangkang telur tersebut akan mencemari makanan yang lainnya. Sehingga kebanyakanaa kita mencucinya, padahal hal demikian akan membuat telur akan mudah tercemar oleh bakteri. Cucilah telur saat akan di masak buka di masukkan dalam lemari es.

Cara memilih dan menyimpan telur yang benar :

  • Pilihlah telur yang utuh (tidak retak)
  • Pilihlah telur yang masih segar
  • Jangan mencuci telur dan kemudian menyimpannya. Jika telur I cuci, langsung gunakan dan di masak. Karna jika telur di cuci maka cangkang telur akan menjadi lembab dan lapisan protective bloom yang ada pada cangkang telur akan hilang sehingga lebih mudah timbulnya bakteri
  • Simpanlah telur dalam wadah yang tertutup rapat dan simpanlah dalam suhu ruangan.
  • Hindarkan telur dari makanan atau benda yang berbau tajam karna telur memiliki kulit yang sanat tipis sehingga dapat tercemar melalui udara.

Itulah beberapa bahaya dan cara memilih dan menyimpan telur yang benar. Pastikan anda mempraktekkan cara menyimpan telur, agar anda dana keluarga dapat terhindar dari bakteri salmonella.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply