Manfaat Hidup Hemat Dan Caranya

Posted on

Manfaat Hidup Hemat

Kawan-kawan semua kali ini saya akan membahas tentang manfaat hidup hemat. hidup hemat bukan hanya berbicara tentang uang atau bagaimana cara Anda dapat menabung. Menabung hanyalah sebagian kecil dari cara hidup hemat sedangkan hidup berhemat adalah sebuah konsep pemikiran. Hidup emat bukan berarti pelit banyak mengartikan bahwa orang hemat itu pasti pelit hemat dan pelit tentu saja merupakan dua hal yang berbeda baik secara prinsip maupun pengertian. Hidup secara pelit akan membuat kita sendiri merasa kesulitan, walaupun mungkin memang hasil yang ditabung akan lebih besar, akan tetapi untuk apa kita mempersulit diri sendiri? Oleh karenanya akan lebih baik jika kita hidup secara hemat dan berkecukupan dan kita pun akan merasakan manfaat hidup hemat. Hidup hemat memiliki sangat bayak manfaat diantarnya yaitu:

  • Terbebas dari perasaan khawatir akan masalah keuangan
  • Memiliki dana cadangan untuk membangun masa depan karir Anda
  • Sebagai Modal untuk berwirausaha
  • Memiliki dana pensiun
  • Tidak bergantung pada asuransi kesehatan
  • Cadangan Investasi
  • Sikap hemat menunjukkan pribadi yang lebih bertanggung jawab.
  • Lebih sehat, karena kesempatan makan di luar rumah terkontrol
  • Lebih percaya diri dalam menghadapi masa depan
  • Memiliki dana untuk berlibur bersama keluarga
  • Jaminan dana pendidikan anak
  • Berjaga-jaga untuk keperluan darurat
  • Menjadi teladan yang baik untuk keluarga
  • Menghemat pengeluaran energi
  • Tidak menumpuk barang yang tidak terpakai
  • Menjauhkan diri dari pencurian

Bagaimana Cara Hidup Hemat

Jika Anda ingin mengelola masalah keuangan atau finansial Anda menjadi lebih baik, maka Anda perlu menerapkan pola hidup hemat. Menjadi lebih baik disini yang dimaksud adalah keadaan keuangan Anda lebih tertata, sesuai dengan ekspektasi rencana keuangan, serta pengaturan dana investasi keuangan sesuai dengan yang Anda inginkan.Pola hidup hemat perlu Anda terapkan sejak dini, dapat pula Anda ajarkan kepada anak Anda sejak masih usia belia. Jadi misalnya dengan pola hidup menabung, tidak menghabiskan keseluruhan uang jajan. Hal kecil semacam itu akan membentuk pribadi dan sifat hemat anak Anda secara tidak langsung dan akan terus berlanjut sampai pada saat anak Anda sudah dewasa nanti. Berikut ada beberapa tips hidup hemat yang dapat Anda terapkan di keseharian Anda dan keluarga Anda:

Buat Prioritas Mana Kebutuhan Dan Mana Keinginan

Anda perlu menjadwalkan misalnya satu bulan sekali untuk membuat list atau daftar keperluan Anda dalam satu bulan. Pastikan untuk memisahkan antara kebutuhan yang bersifat urgent atau mendesak, kebutuhan yang bersifat kewajiban seperti membayar biaya sekolah anak, biaya kebutuhan operasional bulanan rumah tangga, serta kemudian list kebutuhan yang bersifat sekunder atau rekreasi. Jadi misalnya Anda per bulan harus membayar cicilan mobil, maka Anda harus menempatkannya dalam urutan prioritas setiap bulannya. Tambahkan lagi dengan tabungan dana pendidikan, kesehatan, asuransi, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Pastikan Pengeluaran Lebih Sedikit Dibanding Pendapatan

Ada baiknya jika Anda menjumlahkan semua pengeluaran-pengeluaran tersebut. Misalnya kebutuhan primer untuk cicilan rumah dan cicilan mobil serta biaya-biaya lain. Kemudian tambahkan dengan budget kebutuhan sekunder Anda yaitu misalnya kebutuhan untuk jalan-jalan dan berbelanja. Usahakan semua total pengeluaran Anda tetap berada di bawah jumlah pendapatan Anda setiap bulannya.

Menjaga kesehatan Mengurangi Biaya Berobat

Ada pepatah bijak yang mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Pepatah tersebut sangat bisa dan lebih dianjurkan untuk Anda jika ingin menghemat pengeluaran Anda. Anda bisa menerapkan pola hidup hemat dengan cara menjaga kesehatan Anda.

Belanja Dengan Bijak

Apakah Anda senang berbelanja atau shopping di mall ? Maka Anda harus mulai memprioritaskan apa saja barang atau benda yang ingin Anda beli.

Mencari Fasilitas Berlibur Yang Murah

Berlibur untuk refreshing dan menghabiskan waktu libur tidak harus dengan perjalanan lama dan mahal. Berlibur tidak perlu harus ke luar kota atau keluar negeri misalnya. Karena esensi utama dari berlibur adalah melepas penat dari rutinitas dan merefresh otak dari pekerjaan sehari-hari.

Bawa Bekal Lebih Baik Dibandingkan Beli Makanan Di Luar

Jika berlibur, Anda biasanya makan di sekitar tempat wisata. Bisa dikarenakan Anda belum mengenal wilayah lingkungan tempat wisata tersebut dan Anda tidak tahu bisa membeli makanan dimana. Lagian jika kita membawa bekal sendiri kita tau bahwa makanan yang kita buat pasti makanan yang sehat.

Jangan Remehkan Uang Receh

Seringkali ketika Anda berbelanja, Anda mendapatkan kembalian uang dalam bentuk receh. Sehingga Anda kurang respect dan cenderung meremehkan uang tersebut. Seringkali Anda tidak menganggap uang receh itu penting karena nominalnya yang kecil. Anda mungkin lupa, bahwa nominal-nominal uang yang kecil itu jika dijumlahkan tetap akan menjadi nominal yang besar.

Tidak Terpengaruh Pergaulan Boros/Mewah

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau remaja perempuan yang sangat suka bergaul dan masuk dalam komunitas-komunitas tertentu atau sebuah perkumpulan, ada baiknya Anda memilah dan memilih terlebih dahulu komunitas apa yang terbaik bagi Anda sebelum benar-benar masuk ke dalamnya. Komunitas terbaik yang dimaksud adalah dalam hal komunitas yang paling banyak memberikan manfaat pada Anda serta tidak merugikan Anda.

Biasakan Menabung Di Bank Syariat (BMT)

Kebiasaan-kebiasaan tersebut diatas harus mulai Anda terapkan dan biasakan pada diri Anda mulai dari sekarang. Akan lebih baik jika Anda memulainya sejak dini. Sikap Anda ini secara tidak langsung akan menular kepada orang lain, mulai dari keluarga serta lingkungan tempat tinggal Anda.Biasakan juga pola hidup hemat pada anak Anda sejak kecil. Karena pola hidup hemat tidak akan merugikan Anda bahkan justru akan sangat menguntungkan Anda. Baik dalam hal pengelolaan uang, menyimpanan uang, dana investasi dan tabungan. Pola hidup hemat juga akan berdampak baik bagi lingkungan Anda. Lingkungan rumah, lingkungan tempat tinggal, lingkunga kerja, dan lain sebagainya.

Gravatar Image

Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku.
juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

One thought on “Manfaat Hidup Hemat Dan Caranya

Leave a Reply