cara mengecilkan pori-pori wajah
Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Yuk Ketahui Penyebab Pori-pori Wajah yang Membesar dan Cara Menanganinya!

Posted on

Pori-pori merupakan sebuah rongga kecil yang menjadi akses pernapasan kulit. Dengan adanya pori-pori, maka kulit wajah akan bisa melakukan proses metabolisme dan regenerasi dengan mudah. Namun, pori-pori yang melebar dan terlalu besar kerap kali menjadi masalah pada wajah.

Pori Wajah Yang Membesar
Pori Wajah Yang Membesar

Sebenarnya, pori-pori yang melebar bukanlah masalah kesehatan yang serius. Namun, dengan munculnya pori-pori yang besar ini pada wajah akan membuat penampilan kita terganggu. Bahkan, dengan adanya pori-pori yang besar pada wajah akan beresiko menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Pori-pori yang besar pada wajah memang menbuat kita merasa jengkel, dan ingin segera melakukan hal yang dapat menutup lagi pori-pori pada wajah. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara untuk mengecilkan pori-pori pada wajah dengan bahan alami. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu ketahui dulu apa penyebab pori-pori wajah yang membesar agar kamu dapat mengantisipasinya.

Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar:

Genetika atau keturunan

Coba lihatlah orang tua atau kakek nenek kamu, jika salah satu dari mereka ada yang memilki pori-pori wajah yang besar, maka kamu beresiko mengalaminya juga.

Produksi Minyak yang Berlebihan

Minyak pada wajah memang berfungsi untuk melembabkan wajah, namun kalau produksi minyak pada wajah terlalu berlebihan, pori-pori wajah akan melebar.

Kotoran

Jarang membersihkan kulit wajah juga merupakan salah satu penyebab pori-pori wajah membesar. Karna kotoran yang menumpuk di atas permukaan kulit akan menyumbat pori-pori wajah dan otomatis pori-pori wajah akan melebar.

Sinar Matahari Siang

Sinar matahari saat lebih dari pukul 10.00 menjadi salah satu penyebab kerusakan pada kulit. Pancaran sinar matahari siang akan membuat pori-pori kulit wajah akan membesar karna mengalami pemuaian, bahkan jika kamu berada berjam-jam di bawah sinar matahari tanpa pelindung, kulit kamu akan mengalami peradangan bahkan kanker kulit.

Produk Kecantikan yang Salah

Produk kecantikan memang bisa membuat kulitmu menjadi lebih bersih dan putih. Namun jika kamu salah memilih produk kecantikan, bisa jadi pori-pori kulit wajahmu akan melebar karna jenis kulitmu tidak cocok dengan produk kecantikan tersebut.

Kamu sudah mengetahui tentang beberapa penyebab pori-pori wajah yang membesar, sekarang saya akan membagikan beberapa cara mudah untukmengecilkan pori-pori wajah.

6 Cara Mudah Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah:

1.Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, kulit wajah yang kotor akan membuat pori-pori wajah melebar, dan cara mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan kulit wajah. Pilihlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu, bersihkanlah wajah 2 kali sehari agar pori-pori wajahu tidak membesar.

2.Eksfoliasi

Ekfloliasi merupakan sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat kotoran pada bagian wajah. Orang-orang biasa menyebutnya dengan scrubing. Ada berbagai pilihan bahan yang dapat kamu gunakan untuk eksfloliasi, seperti gula pasir, ampas teh, dan lain-lain. Caranya pilih salah satu bahan tersebut, kemudian haluskan bahan tersebut tapi jangan sampai terlalu halus. Usahakan masih ada butiran-butiran kecilnya. Lalu gosokan bahan tersebut secara perlahan pada kulit wajah kamu.

3.Menggunakan Es Batu

Caranya sangat mudah, cukup dengan menggosok-gosokan es batu pada kulit wajah yang berpori besar selama kurang lebih 5 menit. Lakukan cara ini dengan rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

4.Membersihkan Minyak pada Wajah Secara Rutin

Usahakan untuk membawa tisu wajah kemanapun anda pergi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak yang berlebih. Dengan rutin membersihkan minyak pada wajah, pori-pori wajah akan mengecil dengan sendirinya.

5.Menggunakan Masker Tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, dan E yang cukup tinggi. Tomat sudah digunakan sejak dahulu untuk merawat kecantikan kulit dan bibir. Cara membuat masker tomat juga sangat mudah. Pertama, cuci tomat dan hilangkan bijinya kemudian blender sampai halus. Oleskan masker tomat ini pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Tunggu sekitar 10 menit sampai masker tomat mulai mengering.

6.Menggunakan Masker Putih Telur

Pilihlah telur ayam kampung dan ambil bagian putihnya saja. Oles-oleskan putih telur pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, tunggu sampai putih telur mengering. Lakukan cara ini dengan rutin agar pori-pori wajah kamu yang membesar bisa segera mengecil.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply