kebiasaan-memasak-yang-harus dihindari mulai saat ini
Kebiasaan Memasak Yang Harus Dihindari

7 Kebiasaan dalam Memasak yang Harus Diubah Mulai Sekarang

Posted on

Selain kemampuan, memasak juga merupakan bakat atau seni, dan sebuah kebiasaan. Apalagi jika anda lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang mahir atau gemar memasak, kemungkinan besar anda juga akan mahir memasak.

Beautiful housewife cooking a recipe
Beautiful Housewife Cooking a Recipe

Seperti halnya warisan yang turun menurun, memasak juga merupakan bakat yang dapat terwariskan. Namun menurut penelitian, ada beberapa tehnik memasak yang harus dihindari mulai dari sekarang karna akan merusak nutrisi pada makanan yang akan kita konsumsi dan akan membuat masakan kita menjadi rusak.

7 Kebiasaan dalam Memasak yang Harus Dihindari Mulai dari Sekarang adalah:

1.Terlalu Sering Mengaduk Masakan

Mengaduk masakan terlalu sering akan membuat rasa dari bahan masakan anda tidak keluar, bentuk dari masakan anda akan lembek dan tidak berbentuk.

2.Memanaskan Minyak Hingga Berasap

Jika anda sering melakukan hal ini ketika memasak, mulai dari sekarang hindarilah kebiasaan ini karna dapat merusak kualitas minyak dan mengakibatkan terbentuknya zat-zat yang berbahaya.

3.Tidak Mendiamkan Dahulu Daging yang Baru Saja Selesai Dimasak

Daging yang baru saja selesai dimasak sebaiknya didiamkan dahulu agar cairan alaminya dapat terdistribusi dengan secara merata ke seluruh bagian daging. Jika anda memotong daging yang baru saja dimasak, maka cairan alami pada daging akan tumpah keluar. Oleh karna itu, daging akan menjadi kurang empuk.

4.Membilas Daging Sebelum Dimasak

Membilas daging yang masih segar akan menyebabkan wastafel anda penuh dengan bakteri dari daging, selain itu, daging yang sebelum dimasak melalui proses pembilasan terlebih dahulu akan mengakibatkan daging cepat bau saat sudah jadi makanan.

5.Menggunakan Minyak Goreng yang Sama Berkali-kali

Sering kita jumpai di warung-warung makan, minyak yang digunakan menggoreng adalah minyak yang sudah terpakai berkali-kali. Sebaiknya hindari melakukan hal ini karna dapat mempengaruhi rasa dari masakan yang kita buat, dan akan sangat tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya minyak goring tidak digunakan untuk menggoreng lebih dari 3 kali agar masakan yang kita buat tetap terjaga cita rasanya dan tetap baik untuk kesehatan kita.

6.Jangan Memasak Sayuran Terlalu Lama

Sudah menjadi kebiasaan, kalau memasak sayuran harus benar-benar matang dengan sempurna. Akan tetapi kebiasaan tersebut ternyata sangat salah karna sebenarnya vitamin yang terkandung dalam sayuran sangat mudah rusak akibat terkena panas sewaktu proses memasak. Sehingga sayuran yang mereka konsumsi sebenarnya tidak mengandung gizi apapun.

7.Jangan Mengupas Kulit Sayuran

Menurut penelitian para ahli gizi, kelompok sayuran seperti kentang, wortel, terong, ubi, dan mentimun adalah termasuk sayuran yang sebagian besar gizinya berada pada kulit luarnya. Memang terlihat aneh kalau kita mengkonsumsi beberapa jenis sayuran di atas tanpa dikupas kulitnya, namun memang itulah faktanya.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply