Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan
Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan

Yuk Olahraga! Olahraga Itu Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Semua orang pasti sudah tau akan manfaat olahraga, namun hanya sedikit yang diketahui oleh masyarakat. Dan pada umumnya masyrakat di sibukkan dengan berbagai aktivitasnya, ntah itu karena pekerjaannya atupun yang lainnya. Tapi ada juga masyarakat yang gemar berolahraga, masyarakat yang seperti itu pada umumnya sudah mengetahui akan pentingnya olahraga bagi tubuh kita, dan ada juga masyarakat  yang  sibuk dengan aktivitasnya atau pekerjaannya sering kali mengabaikan olahraga, atau bahkan tidak pernah berolahraga sama sekali. Dan itu sangat berpengaruh pada tubuh kita nantinya.

Berikut ini hal-hal yang dialami masyarakat karena kurangnya berolahraga, antara kain:

  1. Badan Menjadi Kurang Fit

Efek samping yang pertama ini menjadi badan kita merasa kurang fit/ kurang sehat. Padahal kita ini membutuhkan badan yang fit/ sehat  biar bisa beraktivitas secara normal tanpa ada kendala apapun, kalau badan kita kurang fit pasti tiap hari yang kita jalani terasa membosankan dan juga tidak menarik. Hal seperti ini akan berdampak pada anda, terutama yang sedang dalam masa produktif, berikut ini adalah dampaknya:

  • Menurunnya produktivitas kerja yang sedang anda kerjakan.
  • Sulit mengerjakan segala sesuatu yang anda kerjakan secara optimal.
  • Tidak bersemangat melakukan berbagai macam aktivitas.
  1. Daya tahan tubuh menurun

Olahraga juga sangat berkaitan dengan metabolism tubuh kita. Ketika daya tahan tubuh kita menurun kita mudah terserang penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti batuk dan flu, bahkan penyakit yang berat sekalipun. Oleh karena itu perlunya kita berolahraga secara rutin dan teratur, karena ini berkaitan dengan daya tahan tubuh kita nantinya, kalau kita rajin berolahraga rutin dan teratur daya tahan tubuh kita juga akan kuat tidak menurun, jika sebaliknya kita jarang beolahraga pastinya daya tahan tubuh kita menurun.

  1. Berat badan tidak terkontrol

Ini  adalah salah satu dampak yang sering terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya, karena malesnya berolahraga sehingga berat badan anda tidak terkontrol. Berat badan yang tidak terkontrol ini juga terpaku pada orang yang obesitas dan overweight, dan juga berat badan yang terlalu kurus atau underweight.

Danjuga akibat ini memberikan dampak bagi tubuh anda, antara lain:

  • Obesitas
  • Tubuh menjadi lemas
  • Kekkurangan berat badan
  • Nafsu makan yang tidak normal
  • Dan masih banyak lagi
  1. Obesitas

Kurangnya olahraga, ditambah lagi dengan pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur ini bisa menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Dan semua orangpun pasti bisa terkana hal ini, ntah itu anak-anak dan orangtua sekalipun. Dan ketika hal ini terjadi, tubuh anda akan meras terlalu berat, dan akan muncul gejala-gejala penyakit yang mengganggu pada badan anda nantinnya, misalkan:

  • Jenis-jenis stroke
  • Diabetes pada anak
  • Serangan jantung
  • Dan masih banyak lagi penyakit yang akan menyerang anda jika anda malas berolahraga.
  1. Mudah merasa cepat lelah dan juga merasa lemas

Ketika anda meras lelah dan juga merasa cepat lemas, dan padahal itu bukan bagian dari gejala anemia atu kekurangan darah. Mungkin ini juga penyebabnya anda kurang berolahraga. Ya, bisa anda rasakan sendiri dampak dari kurang olahraga pasti tubuh anda merasa cepat lelah dan mudah lemas, dan dalam hal ini sangatlah mempengaruhi dalam tubuh anda, oleh karena itu rutinkanlah berolahraga supaya tubuh anda fit dan sehat bugar.

  1. Menghambat kerja tubuh dan tubuh meras sulit melakukan gerakan

Pernahkan anda merasa sulit melakukan gerakan, bahkan melakukan jalanpun sulit? Ini disebabkan karena kurangnya berolahraga, karena olahraga itu mengatur olah tubuh anda, kalau anda sendiri jarang maka itu kan menghambat olah tubuh anda sendiri. Jadi mulai sekarang rajinlah berolahraga karena olahraga itu mudah dan tidaklah susah, dan bahkan olahraga itu juga gratis ko ga usah bayar.

Sekian sekilas info tentang manfaat berolahraga, dan mungkin ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Bye bye!

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply