Dampak Negatif Pacaran Sinar Matahari

Bahaya Sinar Matahari Di Siang Hari Bagi Kesehatan Dan Kulit

Posted on

Matahari adalah sumber panas kehidupan, semua makhluk hidup memerlukan dan membutuhkan sinar matahari sebagai sumber energi dan supaya tetap bisa bertahan hidup. Sebagai penerang kehidupan. Bayangkan jika tidak ada matahari, pastilah bumi penuh dengan kegelapan dan dunia akan sangat dingin seperti es dan tidak ada sumber energi untuk bertahan hidup. Ada istilah Matahari adalah sumber kehidupan.

Manfaat Matahari Pagi Dan Sore
Manfaat Matahari Pagi Dan Sore

Dilihat begitu banyaknya manfaat matahari, bukan berarti matahari tidak memiliki dampat negatif. Sinar matahari yang baik untuk tubuh kita adalah sinar matahari pagi antara jam 6 sampai jam 9 dan sinar matahari sore berkisar antara jam  4 sampai sore. Cahaya matahari pada waktu waktu tersebut mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi.

Melihat sinar matahari pagi dan sore yang  bermanfaat sangatlah bertolak belakang dengan sinar matahari pada siang hari. Siang matahari pada siang hari bisa merusak kulit manusia karena mengandung sinar ultraviolet. Jadi jangan suka berlama lama dibawah sinar matahari siang hari, atau  jika ingin kulit anada rusak. Berikut adalah dampak dampak dari sinar matahari :

  1. Dampak untuk kulit manusia

Sinar matahari pada siang hari mengandung ultraviolet (UV) yang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. Radiasi UV dikategorikan menjadi 3 yaitu :

  • UVA yang dapat menyebabkan kulit berkerut, penuaan dini, gatal, dan perubahan warna kulit
  • UVB yang dapat merusak protein dalam kulit sehingga membuat kulit terbakar dan fatalnya dapat menyebabkan kanker kulit
  • UVC yang adalah tingkatan yang paling berbahaya. Radiasi yang ditimbulkan dapat menyebabkan mutasi DNA yang menjadi pemicu terjadinya kelainan genetik. Untuk melindungi kulit anda dari bahaya radiasi sinar matahari adalah dengan menggunakan Sunblock

kulit-terbakar-sinar-matahari

  1. Dampak untuk mata

Mata adalah indra manuasia yang paling penting dan paling sensitif dengan cahaya. Bahaya yang ditimbulkan adalah jika terlalu lama menatap matahari dengan mata telanjang adalah katarak dan bahkan bisa berdampak lebih fatal lagi yaitu menyebabkan kebutaan, ini terjadi karena retina terluka  oleh radiasi matahari dan akan merusak penglihatan secara permanen. Gunakan kacamata sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung.

 

  1. Dampak untuk rambut

Sinar matahari yang panas akan membuat rambuat anda kering, kusam, kasar, dan rusak. Sinar UV  dapat merubah warna pigmen rambut menjadi merah. Agar rambut anda tidak rusak pakailah topi jika anda keluar untuk melindungi rambuat dari efek buruk sinar matahari

 

  1. Dampak bagi tubuh

Pernahkah anda berdiam diri dibawah terik matahari? Pastilah anad akan berkeringat, dengan anda berkeringat anda akan banyak mengeluarkan cairan tubuh dan akan merasa haus karena cairan tubuh anda terkuras habis. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau kita biasa menyebutnya dehidrasi. Dampak dari dehidrasi adalah kita akan merasa haus, mata berkunang kunang, dan pusing. Bahkan ada yang tubuhnya tidak kuat sampai dia pingsan. Untuk mencegah hal itu, minumlah banyak air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat  sinar matahari.

 

  1. Dampak bagi alam
  • Kekeringan
  • Gelombang panas yang dapat mematikan makhluk hidup
  • Merusak lapisan tanah

Maka dari itu hati hatilah dengan sinar matahari. Selain bermanfaat sinar matahari juga dapat membahayakan bagi tubuh dan lingkungan.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • apakah sinar matahari siang bahaya
  • bahaya sinar matahari di siang
  • bahaya sinar matahari siang
  • Cahaya matahari siang hari menyebabkan kulit
  • gambar pegang matahari
  • kandungan cahaya matahari di siang hari
  • matahAri suanfg merusak apa
  • panas matahari pada siang hari menyebabkan penyakit
  • paparan sinar matahari di siang hari
Gravatar Image

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply