Bahaya Ciuman Bibir bagi Kesehatan

Posted on

Bagi anda pencinta drama korea pasti sudah biasa melihat adegan ciuman. Dari beberapa ciuman, ciuman bibirlah yang paling disukai dan disenangi oleh setiap pasangan. Bahkan, aktivitas ciuman bibir ini dianggap oleh sebagian orang sebagai budaya dan telah menjadi ciri modern di era globalisasi saat ini. Sayangnya dibalik kenikmatan ciuman bibir, aktivitas ini kadang menjadi sumber penularan penyakit dan bisa memberikan ancaman yang membahayakan bagi manusia. Adapun bahaya ciuman bibir diantaranya:

  1. Mendatangkan penyakit infectious mononuleiosi

Penyakit infectious mononucleiosi atau kissing disease merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus cytomelago. Virus ini terdapat pada kelenjar air liur, air seni, sperma, lender leher rahim, air susu ibu dan darah. Jika virus ini masuk melalui air liur, virus ini akan masuk ke dalam sel epitel pada bagian luar mulut dan tenggorokan sehinggga hal ini memungkinkan virus untuk berkembang biak yang pada akhirnya dapat menginfeksi sel darah putih.

  1. Mengalami masalah pada bagian otak

Penyakit kissing disease yang ditimbulkan akibat ciuman bibir, ternyata bisa menyerang selaput otak sehingga jaringan otak akan lemah. Akibatnya sel sel otak secara perlahan akan mengalami kematian.

  1. Menyebabkan kesakitan gusi dan tenggorokan

Ciuman bibir juga dapat membuat seseorang mengalami kesakitan pada gusi dan tenggorokan. Namun hal ini bisa terjadi jika bakteri streptococcus menyerang seseorang sehingga menularkannya kepada pasangannya melalui air liur.

  1. Menyebabkan herpes

Herpes yang merupakan penyakit radang kulit juga dapat disebabkan oleh ciuman bibir, yang bisa menimbulkan gelembung gelembung berisi air pada kulit. Penyakit ini umumnya muncul pada mulut dan pinggang bagian atas. Selain itu, herpes simplex juga bisa muncul dengan gejala sariawan pada mulut.

  1. Menyebabkan kutil

Kutil biasanya timbul akibat dari penebalan kulit luar yang terjadi secara berlebihan. Kutil umumnya disebabkan oleh virus HPV yang biasa menyerang kulit. Penularannya bisa melalui kontak langsung seperti ciuman bibir.

  1. Mendatangkan meningokokus

Penyakit meningokokus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri sehingga bisa membahayakan penderitanya, penyebab penyakit ini bisa berupa radang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Bakteri ini bisa menular melalui kontak langsung seperti berciuman atau melalui air liur si penderita.

  1. Mengindap hand foot and mouth disease

Hand foot and mouth disease biasa dikenal dengan istilah flu singapura atau penyakit kaki, tangan dan mulut. Penyakit ini sangat menular, yang cara penularannya dapat melalui kontak dengan air liur, tinja, cairan dari vesikel atau dari ekskreta. Gejala yang ditimbulkan seperti demam yang disertai sakit pada leher.

  1. Menyebabkan penyakit sipilis

Penyakit sipilis merupakan penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spirosettreponema palladium sub spesies palladium. Pada umumnya penyakit ini menular melalui kontak seksual atau dalam masa hamil dari ibu ke janinnya. Akhir akhir ini terdapat laporan yang mengatakan bahwa sipilis juga bisa menyebar melalui ciuman bibir secara terus menerus karena bakteri ini bisa menempel pada luar dan dalam mulut temasuk lidah.

  1. Mendatangkan penyakit lainnya

Selain dari beberapa penyakit di atas yang telah disebutkan, ciuman bi ir juga dapat menularkan penyakit lainnya seperti ISPA  (infeksi saluran pernapasan akut), TBC (penyakit yang menyerang paru paru yang biasa ditandai dengan batuk darah), hepatitis (penyakit kuning atau radang hati) dan thyfoid (penyakit yang menginfeksi usus halus.

Demikian bahaya dari ciuman bibir bagi kesehatan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Incoming search terms:

  • foto ciuman
Gravatar Image

Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply