Apa Sih Bahaya Kipas Angin saat Tidur

Posted on

Kipas angin dapat digunakan untuk menggerakkan udara sehingga dapat menghasilkan angin. Angin dibutuhkan untuk memberikan kesejukan dan menyegarkan udara di dalam kondisi ruangan tertentu.

Berikut ini bahaya kipas angin saat tidur diantaranya:

  1. Penyakit bell palsy

Penyakit kelumpuhan, namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhan terjadi pada wajah. Wajah akan merasa sulit untuk tersenyum, tertawa, da nada pembengkaan di daerah wajah tertentu. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi saraf wajah yang menegang, dikarenakan suhu dingin kipas angin secara terus menerus.

  1. Pasokan oksigen berkurang

Ini terjadi jika kita terus menerus menghadapkan wajah tepak ke kipas angin yang dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau juga bahkan karbon dioksida. Jika angin terus dihadapkan ke wajah maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi di sekitar wajah. Akibatnya sirkulasi udara di sekitar wajah tidak baik.

  1. Tubuh kekurangan air

Saat kita berada di ruangan yang dingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh kita kekurangan air. Hal ini tentu berbahaya bagi tubuh kita. Jika kipas angin justru membuat air di dalam tubuh berkurang maka tentuakan berdampak terhadap fungsi masing masing organ tubuh kita.

  1. Kulit kering

Kondisi ruangan yang dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sangatlah membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

  1. Otot kaku dan nyeri

Otot kaku dan nyeri juga akan dirasakan jika terlalu lama terkena hembusan kipas angin. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Kipas angin tidak dapat menyaring udara. Oleh karena itu udara yang ada di sekitar ruangan akan dihembuskan ke tubuh kita. Akan menjdi bahaya jika wajah kita mendapatkan hembusan angin dari kipas angin. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, atau bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan.

  1. Suhu tubuh menurun

Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga aktivitas sel imin. Salah satu upaya pengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat Jika kita menggunakan kipas angin saat tidur akan membuat kulit mengering dan mengecilkan pori pori. Dampaknya keringat di dalam tubuh sangat sulit dikeluarkan.

  1. Gampang sakit

Dampak ini dirasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel imun lebih aktif, oleh karena itu melambatnya aktivitas sel imun, akn membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit.

  1. Sesak nafas

Kondisi ini terjadi dikarenakan udara yang kita hirup sangatlah sedikit sekali yang mengandung oksigen. Bahayanya adalah kita akan mengalami sesak nafas jika kekurangan pasokan oksigen yang dapat menjadi penyebab asma.

  1. Resiko kematian

Kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi jika kita tidur dengan menggunakan kipas angin dan berada di ruangan tertutup dengan ventilasi udara yang buruk. Jika tidak adanya oksigen yang kita hirup akan membuat kita akan menghirup karbon dioksida, hal itu akan merusak organ pernapasan kita. Kemungkinan buruk yang bisa terjadi adalah kematian, jika terlalu lama menghirup karbon dioksida.

Demikian artikel di atas tentang bahaya kipas angin saat tidur semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply