bahagi-itu-indah
bahagialah dengan tersenyum dan bersyukur

Kamu Kurang Bahagia? Tulislah Catatan berikut Dalam Buku Harianmu.

Posted on

“Apa sih yang bisa membuat kamu bahagia?” Pertanyaan sederhana ini mungkin saja bisa membuatmu bimngung untuk menjawabnya. Bisa jadi kamu menjawabnya dengan jawaban yang sangat sederhana, bahkan lebih rumit dari pertanyaan saja, atau mungkin kamu tidak bisa mendefinisikan kata bahgia itu sendiri.

bahagia-itu-sederhana
bahagia cukup bersama keluarga

Setiap orang pasti berbeda-beda jawabannya ketika harus mendefinisikan kata bahagia, ada yang bilang bahagia itu cukup kita bersama orang yang kita sayangi, ada juga yang berpendapat kalau bahagia membutuhkan proses yang panjang. Sebelum mencapai kebahagiaan kita harus melewati masa yang kelam dan pahit barulah kita mendapatkan kebahagian tersebut.

Sebenarnya ada yang lebih simpel lagi dari semua itu untuk mencapai kebahagian yaitu dengan menulis. Menulis hal yang simpel bukan? Nah hal inilah cara yang menurut saya sangatlah simpel dan sederhana. Tapi bukan meulis yang tidak jelas lho. Menulis yang saya maksud adalah menulis tentang diri kamu sendiri. Lalu apa saj yang perlu kamu tulis? Ini nih yang perlu kamu tulis.

Menulis kelebihan dan kekurangan diri kamu sendiri.

Langkah awal yang perlu kamu ambil untuk mencapai kebahgiaan yang sederhana adalah dengan menulis segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kamu. Nah, caranya cukup mudah buat saja tabel yang berbeda. Kolom tabel kiri untuk kelebihan kamu, dan yang kanan untuk kekerungan kamu. Cara mengisinyapun juga terbilang sangat mudah yaitu dengan menulis kelebihan apa saja yang kamu punya dan kekurangan apa saja yang kamu punya.

Hal yang kamu suka dan kamu benci.

Langkah kedua yang perlu kamu ambil adalah kamu hanya menuliskan hal-hal apa saja yang kamu suka dan apa yang kamu benci. Caranya mudah kok, kamu hanya membuat kolom tabel seperti langkah pertama, yaitu dengan membedakan kolom kanan dan kolom kiri. Misalnya, kamu suka jalan-jalan tapi kamu nggak suka jalan-jalan sendiri. Nah itu juga bisa kamu tulis. Yah, mungkin kamu takut sama tikus tapi kamu suka sama kucing itupun juga bisa kamu tulis. Mudah bukan?

Impianmu.

Langka ketiga yangperlu kamu ambil adalah menulis impianmu. Mungkin saja kamu mempunyai impian atau keinginan yang belum tercapai dan kamu benar-benar menginginkan hal itu terwujud. Misalnya, kamu ingin menjadi pengusaha muda dan impianmu ini belum terwujud, nah kamu perlu menulis impianmu itu ke dalam buku harianmu itu. Cara menulisnya tentu berbeda dengan langkah awal dan langkah kedua. Di sini kamu cuman perlu menulisnya dengan rapi. Apapun impianmu itu yakinlah kalau itu akan tercapai bukan hanya mneghayalkannya saja kamu juga perlu berdoa dan berusaha setelah itu berpasrah diri. Nah, jika kamu sudah menulisnya maka kamu bisa mengeceknya mana saja impianmu yang belum tercapai. Setidaknya kamu bisa lebih semangat untuk mewujudkan impian-impianmu itu.

Pengalaman yang tak terlupakan.

Langkah keempat yang perlu kamu ambil adalah dengan kamu menulis pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan dalam hidupmu. Misalnya kamu pernah menggikuti suatu lomba dan kamu memenangkannya atau kamu pernah mendaki gunung bersama teman atau kekasihmu itu bisa saja kamu tulis sebagai pengalaman yang tak bisa kamu lupakan. Ketika kamu menulisnya bisa jadi kamu seakan terbawa arus ke masa di mana kamu mengalami pengalaman itu. Dan kamu akan mengingat momen indah yang membuatmu senang saat itu. Sehingga ketika kamu flashback kamu juga akan merasa senang sendiri dan ingin mengulanginya kembali.

Memahami dan mencintai dirimu sendiri.

loveyourself
Pahami dan cintailah dirimu sendiri.

Dari 4 langkah di atas, langkah terakhir yang perlu kamu ambil adalah dengan kamu memahami dan mencintai diri kamu sendiri. Karena dengan kamu menulis semua langkah di atas kamu jadi tahu apa saja kelebihanmu dan kekuranganmu dan kamu bisa lebih terbuka karena dari sini kamu bisa melihat apa yang kamu sukai dan apa yang tidak kamu sukai. Kamu jadi mengerti arti semangat untuk mencapai impian-impianmu. Serta pengalaman-pengalaman yang mungkin sempat kamu lupakan setelah kamu menulisnya kamu jadi mengingatnya. Dan semua itu akan membuatmu terkejut bahwa banyak sekali hal yang sempat terlupakan pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu lebih mengenali dirimu sendiri. Setelah kamu mengenali diri sendiri maka kamu perlu mencintai dan memahami diri kamu sendiri. Caranya adalah dengan kamu mencintai segala kelebihan dan kekuranganmu. Ketika kamu sudah mencintai dan memahami dirimu sendiri maka kamu akan jauh lebih bahagia dari sebelumnya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply