Mendapatkan Tidur Yang Nyenyak Dan Berkualitas
Cara Agar Mendapatkan Tidur Yang Nyenyak Dan Berkualitas

7 Tips Untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Posted on

Tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kita. karna jika kurang tidur, akan ada banyak masalah yang akan dialami oleh tubuh, antara lain: berat badan tidak terjaga, tidak bersemangat setelah bangun tidur, masalah pada jantung, bahkan tubuh akan sering tertular penyakit.

 

tidur-minimal-8-jam
                                                                        Ilustrasi Tidur Yang Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas akan mebuat tubuh kita segar saat bangun dan akan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat dan jarang terkena penyakit. Kebanyakan orang sudah mengetahui tentang pentingnya jam tidur dan kualitas tidur. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan hal tersebut karna urusan pekerjaan, tugas sekolah, dan lain-lain. bagi anda yang menginginkan tidur yang berkualitas tapi tidak tahu caranya, pada artikel kali ini saya akan membagikan 7 tips agar tidur anda nyenyak dan berkualitas.

7 Tips Agar Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas:

1.Jadwalkan Waktu Tidur Anda

Jadwalkanlah waktu tidur anda, karna menjadwalkan waktu tidur yang teratur juga akan menghasilkan tidur yang berkualitas. Contohnya, pada hari ini anda tidur pukul 10 malam sampai jam 5 pagi, dan keesokan harinya anda tidur pukul 9 malam sampai pukul 4 pagi.

2.Berolahraga

Berolahraga mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah akan mendaoatkan tidur yang berkualitas saat malam hari. Saat anda berolahraga di pagi atau di siang hari, anda akan merasa cepat lelah dan mengantuk pada malam hari, sehingga anda akan cepat tidur di malam hari an akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

3.Jangan Mengkonsumsi Makanan yang Berat Sebelum Tidur

Pastikan anda tidak terlalu banyak makan saat akan tidur atau makan makana yang terlalu berat saat akan tidur. Anda dianjurkan untuk makan sedikit nasi dan makan makanan yang banyak mengandug serat saat akan sebelum tidur. Hal ini dikarenakan perut yang terlalu penuh akan membuat anda susah untuk tidur.

4.Matikan Komputer, Lampu, dan Televisi Anda

Mematikan komputer ½ jam sebelum tidur akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Otak akan merasa relax saat diberi jeda waktu untuk istirahat. Matikan juga lampu dan televisi yang ada di kamar anda, karna cahaya dan suara akan membuat kita susah mendapatkan tidur yang berkualitas karna otak tidak benar-benar istirahat karna menagkap rangsangan dari suara dan cahaya.

5.Jangan Mengobrol di Telepon Sebelum Tidur

Anda sangat disarankan untuk tidak mengobrol di telepon saat sebelum tidur. Karna saat anda menerima telepon, otak sedang dalam mode siaga, dan perlu waktu untuk merubahnya menjadi mode tenang. Luangkanlah waktu kira-kira ½ jam untuk menenangkan otak anda saat setelah menerima telephone dari seseorang. Otak yang tenang akan membuat tidur kita menjadi nyenyak dan berkualitas.

6.Gunakan Kasur yang Nyaman

Kasur yang nyaman  dan bisa menopang tubuh anda dengan baik akan berpengaruh pada kualitas tidur anda, kalau kita menggunakan kasur yang tidak nyaman atau keas, tentunya tidur juga tidak akan bisa nyenyak.

7.Perhatikan Lingkungan Tempat Tidur Anda

Jika anda adalah orang cepat merasa dingin, maka matikanlah AC atau kipas angin dalam kamar anda dan gunakan lah selimut saat akan tidur. Dan jika anda adalah orang yang mudah merasa gerah, nyalakanlah kipas angina tau AC dalam kamar anda. Jika anda terbangun saat tidur hanya untuk menyalakan atau mematikan sesuatu, tentunya anda akan mendapatkan kualitas tidur yang buruk.

Incoming search terms:

  • 10 cara memperoleh tidur nyenyak
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply