Penyebab dan Cara Mengatasi Telatnya Datang Bulan

Posted on

Penyebab terlambatnya datang bulan antara wanita satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menyebabkan wanita  tersebut mengalami telat menstruasi. Menstruasi ini terjadi di karenakan peluruhan dinding dalam rahim.

.Berikut ini kita akan membahas apa saja penyebab terlambatnya datang bulan.

  1. Masalah psikis

Kemungkinan besar yang dapat menyebabkan wanita mengalami telat datang bulan adalah faktor masalah psikis. Stres akan mengakibatkan  ketidak seimbangn hormone yang di hasilkan oleh tubuh, yang menyebabkan terlambatnya ovulasi (pelepasan sel telur pada ovarium).

 

  1. Faktor usia

Tidak hanya faktor usia,faktor  penyebab telatnya menstruasi ini dapat terjadi karna faktor usia. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak mengalami banyak perubahan hormone, tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormone dengan kewanitaan inilah yang menyebabkan wanita telat menstruasi. Hal ini juga di alami oleh wanita yang berumur 44 sampai 46 tahun atau biasa di sebut masa awal menopause, karna tubuh akan mengalami masa transisi yang akan menyebabkan haid kurang teratutur. Ketika wanita  telah benar-benar mengalami menopause, ia sama sekali tak akan mengalami haid lagi. Hal ini di karenakan ovarium sudah tidak dapat menghasilkan sel telur.

 

  1. Perubahan pola hidup

Perubahan pola hidup akan memengaruhi kerja pada organ tubuh. Hal ini dapat menyebabkan datang bulan tidak teratur.

 

  1. Faktor berat badan terlalu gemuk

Wanita yang mengalami kelebaihan berat badan ini menyebabkan hormone mengubah siklus menstruasi dan tubuh akan mengalami peningkatan kadar insulin yang akan menyebabkan ketidak seimbangan hormone hormone yang lainnya.  Biasanya wanita ini akan mengalami siklus menstruasi yang normal jika berat badan nya telah menurun.

 

  1. Faktor berat badan yang terlalu kurus

Wanita yang memiliki Berat tubuh  terlalu kurus dapat menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal. Bahkan jika berat badannya turun secara ekstrim maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Kemungkinan hal ini terjadi karna tubuh memutuskan bahwa tubuh tidak dalam keadaan normal untuk memiliki keturunan.

cara mengatasi haid
cara mengatasi telat haid

Jika anda sedang mengalami siklus datang bulan yang terlambat, ketahui apa yang belakangan ini sedang anda alami, dan carilah permasalahan mengapa anda bisa telat haid. Salah satu hal yang perlu anda cek adalah apakah anda sedang dalam kondisi banyak pikiran, tertekan atau bahkan anda sedang mengalami stress?

Stress dan terlalu capek beraktivitas ini akan mempengaruhi perubahan keseimbangan hormone seseorang.  Jiki ini yang menjadi penyebabnya, maka anda mungkin perlu mencoba mengembalikan kondisi mental dan fisik anda. mungkin dengan beristirahat yang cukup, memikirkan hal-hal yang positif, jalan-jalan, dan sebagainya. Ini akan membantu anda mempercepat pemulihan keseimbangan pada hormone. Berikut beberapa Cara mengatasi telat datang bulan :

  1. Menggunakan ramuan dari daun papaya

Daun papaya ini memiliki berbagai khasiat yang salah satunya adalah sebagai dapat di gunakan sebagai ramuan memperlancar kan haid. Untuk membuat ramuannya yaitu anda hanya perlu menyiapkan 3 lembar daun papaya yang masih segar, kemudian cuci dengan air bersih, rebuslah daun papaya tersebut menggunakan 3 gelas dan biarkan hingga mendidih dan hingga volume airnya tinggal 1 gelas saja. Anda bisa meminumnya secara rutin satu kali setaip harinya. Untuk mengurangi rasa pahitnya anda bisa menambahkan beberapa tetes madu atau sedikit gula pasir,

 

  1. Menggunakan ramuan dari jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam askorbat, zinc, mineral,kalsium, mineral, lemak, kalori, protein dan juga vitamin C. semua yang terkandung di dalam buah jeruk nipis tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh selai itu jeruk nipis ini juga dapat di gunakan sebagai ramuan untuk memperlancar haid. Cara membuat ramuannya yaitu : siapkan 1 jeruk nipis yang sudah tua, peras airnya, campurkan dengan 2 sendok air dan 2 sendok madu, kemudian aduk ramuan hingga tercampur rata dan siap untuk di minum.

 

  1. Menggunakan ramuan dari daun alpkat

Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 2 gelas air dan 6 lembar daun alpukat, lalu rebuslah daun alpukat tersebut dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih, setelah itu saring airnya, lalu di minum.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply