marah
cara mengendalikan marah

Ingin Tahu Tips Mengendalikan Marah Nih Caranya

Posted on

Marah, mungkin semua orang pernah marah.Ya marah itu wajar sepanjang bukan marah-marah.Marah biasanya pertandanya kita ini memiliki perasaan.Namun kita harus hati-hati dengan amarah yang mana amarah itu adalah ancamannya api.Apakah anda mau dibakar dengan api?Tentunnya tidak buak.Nih, tips untuk meredahkan marah :

marah
wajah orang yang marah

Tips Untuk Meredahkan Marah :

1.Bacalah Ta’awud
Maksudnya membaca Audzubillahi minasy syaithani rrajiim.Bacaan ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

2.Jika ta’awud belum juga meredahkan marah, maka posisikanlah tubuh anda untuk menjadi lebih rendah dari sebelumnya.Seperti jika marah datang sementara anda keadaan berdiri, maka duduklah untuk meredahkan amarah.

3.Diam atau Jangan Mengatakan apa-apa.
Cara ini sangat ampuh untuk mengontrol amarah.Berbicara saat marah itu berbahaya, baik itu diri sendiri ataupun orang lain.Karena saat marah kemudian anda berbicara, anda pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin akan menyakiti perasaan orang lain.

4.Tarik Napas Dalam-Dalam.
Tindakan tarik napas ini akan sangat membantu anda dalam menghilangkan amarah anda.

5.Tersenyum lah.
senyum itu obat penawar niat baik kepada orang lain dan meredahkan situasi negatif.

6.Berwudhulah.
Karena apa?Marah itu api, yang bisa melawan api itu air.Dan “sesungguhnya marah itu dari syetan dan syetan itu diciptakan dari api, dan api itu padamnya dengan air, maka jika diantara kalian marah, berwudhulah (H.R.Ahmad).

7.Ingin Lebih Tenang Lagi!
Yaitu melakukan shalat Syukrul Wudhu sebanyak dua rakat.Shalat ini bisa dikerjakan kapan saja kecuali pada waktu larangan(haram)  untuk shalat.

8.Dan Kunci untuk menghindari perbedaan pendapat sehingga menjadi sebuah pertengkaran yang hebat yaitu dengan cara melestarikan cinta kasih dan saling tolong menolong antar sesama.Saat marah datang ingatlah jasa-jasa atau kebaikan orang tersebut dan lupakan lah kesalahan-kesalahan orang tersebut.Jangan sesekali mengingat jasa atau kebaikan diri sendiri, tetapi ingatlah bahwa kita pernah buat kesalahan.

Marah itu wajar, akan tetapi ingatlah acamannya orang yang marah dengan berkelamaan.Bersabarlah dan janganlah mudah terpancing.Kontrol lah ketika anda sedang keadaan marah.Jangan sampai marah-marah marah anda membuat situasi semakin memburuk karena pembicaraan anda saat marah-marah.

Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply