Cara Menjadi Penabung Yang Sukses

Posted on

Sejak kecil kita pasti pernah diajarkan untuk menabung. Pada setiap pembelajaran di sekolah menabung adalah perbautan yang terpuji. Dengan menabung hidung menjadi lebih hemat, seperti pepatah mengatakan “hemat pangkal kaya”. Menabung adalah menyisakan uang untuk disimpan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan di masa yang akan datang. Inilah pentingnya menabung. Orang yang terbiasa menabung dan hidup hemat pastilah dia orang yang mempunyai keinginan besar di masa depannya kelak.

Cara apa yang bisa dilakukan untuk menjadi penabung yang baik? Langsung saja simak cara-cara di bawah ini:

  1. Sisihkan Pendapatan Anda

Sisihkan pendapatanmu untuk ditabung.setelah membeli keperluan pokok selama 1 bulan jika ada sisa uang tabunglah. Segera simpan di tempat yang Anda sulit untuk mengambilnya kembali. Karena jika tidak begitu suatu sat Anda mungkin akan mengambilnya sebelum waktunya. Sehingga Anda tidak jadi menabung.

  1. Hidup Hemat

Hemat itu penting. Jangan boros atau gengsi sehingga Anda rela tidak menabung dan menghabiskan uang Anda dalam sekejap. Jagalah kesehatan agar Anda tidak perlu pergi ke dokter. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan atau hana sekedar ingin. Jangan terbiasa menuruti hawa nafsu.

  1. Buat Pencapaian

Buatlah jadwal dalam berapa bulan Anda harus dapat menabung sesuai target. Tulislah semua kebutuhan dan keinginan seara terpisah. Kalau kebutuhan memang harus dipenuhi, namun keinginan bisa ditunda. Berbelanjalah dengan bijak benar-benar sesuai kebutuhan Anda dengan menggunakan daftar kebutuhan yang sudah Anda tulis.

  1. Tetap Dermawan

Hemat bukan berarti harus pelit sehingga tidak mau memberi karena takut kebutuhannya berkurang. Jangan lupa sedekah, sedekah itu tidak mengurangi harta. Dan sedekah itu tidak perlu menunggu kaya terlebih dulu. Orang yang dermawan hidupnya senang, karena dia bisa membagi kebahagian dan rizkinya kepada orang lain.

  1. Memilih Yang Baik

Hidup hemat bukan berarti harus mengurangi kualitas hidup ataupun kesehatan. Jangan sampai rela membeli barang atau makanan yang kurang berkualitas karena lebih murah. Tetaplah mencari kualitas yang baik dan membuat Anda nyaman.

Biasakan untuk menabung, karena itu penting untuk investasi masa depan yang mungkin membutuhkan pengeluaran lebih banyak.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply