Bahaya Menggunakan Headset

Posted on

Hati-hati dengan kebiasaan yang menjadikanmu hobi mendengarkan musik dengan headset, dapat membuat telingamu cedera. Hal itu bisa terjadi karena kita terlalu sering memakai headset atau semacamnya dengan volume tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Sayangi telingamu, kejadian seperti itu kemungkinan besar terjadi pada usia muda.

Mungkin saat ini dampaknya belum terlihat. Namun, sedikit demi sedikt akan terasa seperti akibat kebiasaan mendengarkan suara kerasmelalui headset, ketika mendengar suara pelan tidak terlalu dengar. Kemampuan mendengar menjadi berkurang.

Gelombang suara yang berpengaruh terhadap otak dan telinga sehingga dapat mempengarui kemampuan mendengar, terutama jika sering mendengarkan dengan volume keras dan jangka waktu yang lama.

Lalu bagaimana cara untuk mengurangi risiko kerusakan pendengaran akibat penggunaan headset? Caranya adalah dengan mengurangi volume suara dan mengurangi waktu pendengaran menggunakan headset. Kebiasaan orang-orang yang menggunakan headset pada tempat-tempat yang ramai seperti stasiun kereta, terminal bus, bandara dan semacamnya untuk merilekskan suasana. Hal ini sering dilakukan agar tidak bosan karena terlalu loama menunggu. Ada juga kebiasaan mendengarkan music dengan headset sebelum tidur, sehingga lupa tidak dimatikan sampai bangun kembali bahkan sampai baterai habisdan mati sendiri.

Jangan lakukan hal-hal sepele seperti itu yang suatu saat akan berdampak besar terhadap kesehatan tubuhmu.

Beberapa akibat yang mungkin terjadi akibat terlalu sering menggunakan headset:

  1. Infeksi Telinga

Karena ingin mendapatkan suara yang jelas dan baik, kita perlu memasukan headset langsung ke lubang telinga.akibatnya telinga tersumbat dan tidak ada saluran udara. Suara yang dihasilkan lebih terdengar jelas, namun berisiko tinggi terkena infeksi telinga. Ternyata kasus yang banak terjadi adalah orang yang sering menggunakan headset memiliki kotoran telinga lebih banyak, dan  mengakibatkan masalah pendengaran yang lebih serius

  1. Telinga Menjadi Mati Rasa

Orang yang mendengarkan musik keras dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan headset merasa telinganya mati rasa. Kemampuan mendengarnya mati rasa sementara, namun setelah iyu kembali normal lagi. Secara tidak langsung lama-lama mati rasa dapat membahayakan dan menyebabkan ketulian.

  1. Merasakan Nyeri Pada Telinga Bagian Dalam

Keluhan yang sering dirasakan oleh orang-orang yang sering menggunakan headset adalah nyeri pada telinga bagian dalam. Mereka merasa seperti ada suara berdengung di dalam telinga dan sering nyeri.

Gunakan cara aman menggunakan headset seperti:

  • Lebih baik menggunakan headphone besar yang model lama. Agar tidak menutupi lubang telinga lansung karena headphone berada di luar telinga.
  • Tidak mendengarkan music dengan suara yang keras. Atur sedang-sedang saja senyaman kamu.
  • Jangan rutin atau terlalu sering mendengarkan musik dengan headphone. Apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Gravatar Image

Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do’anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply