persahabatan
Persahabatan

5 Hal yang Dapat Merusak Hubungan Persahabatan

Posted on

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, satu sama lain saling membutuhkan. Seseorang akan selalu membutuhkan sahabat atau teman untuk berinteraksi. Hubungan persahabatan atau pertemanan dijalin oleh dua orang atau lebih.

Manusia tidak bisa hidup sendiri
Manusia Tidak Bisa Hidup Sendiri

Saat menjalin hubungan persahabatan atau hubungan yang lain, kita selalu berharap agar hubungan kita itu selalu baik-baik saja dan jauh dari masalah. Maka dari itu, menjaga hubungan yang baik itu memang sangat penting dan harus dilakukan oleh semua personil dalam suatu hubungan. Namun sebuah hubungan selalu diwarnai dengan banyak hal salah satunya adalah pertengkaran atau bahkan keretakan. Ada beberapa hal yang menyebabkan retaknya suatu hubungan yaitu:

 1.Selalu Berprasangka Buruk pada yang Lain

Selalu berprasangka buruk pada teman akan membuat kita tidak nyaman saat menjalin hubungan bersama teman kita. Dan akibatnya, hubungan akan menjadi tidak rukun. Sebaliknya, jika kita memilki rasa kepercayaan pada teman kita, kita akan selalu memandang baik pada teman kita dan jarang akan terjadi masalah dalam suatu hubungan

2.Saling Menjatuhkan

Saling menjatuhkan satu sama lain akan membuat hubungan menjadi retak, karna tidak ada kekompakan dan salin tolong-menolong lagi dalam sebuah hubungan, satu sama lain akan saling berkompetisi menjadi yang terbaik dan merendahkan yang lain.

3.Terlalu Ikut Campur Urusan Pribadi

Meskipun kita adalah seorang sahabat, namun bukan berarti tidak ada batasan antara satu sama lain. Terkadang seseorang membutuhkan waktu sendiri untuk menyelesaikan masalah Namun ketika sahabat kita membutuhkan bantuan untuk menghadapi suatu masalah, kita juga harus membantunya namun tidak usah terlalu masuk dalam urusan pribadinya.

4.Bersikap Semaunya Sendiri atau Egois

Setiap orang memang selalu ingin untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Tapi mereka  juga harus tau apakah dampak dari apa yang mereka  perbuat, sebelum bertindak mereka hendaknya berpikir dahulu tentang dampak dari kelakuan mereka, apakah menyakiti hati orang lain ataukah tidak. Karna semua orang tau, sakit hati tidak seperti sakit fisik yang terkesan cepat sembuh. Butuh waktu yang lama bagi sebagian orang untuk menyembuhkna luka hati mereka yang telah disakiti  oleh orang lain.

5.Tidak Mau Mendengarkan yang Lain

Salah satu sifat egois yang lain adalah hanya mau menyetujui pendapat sendiri tanpa mendengarkan pendapat yang lain. hal ini akan membuat hubungan semakin lama semakin memburuk karna hati satu sama lain sudah tidak klop.

Incoming search terms:

  • persahabatan
  • yang menyebab kan tidak rukun
Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply