menambah berat badan
Cara Menambah Berat Badan

Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat

Posted on
berat badan yang ideal
Berat Badan Yang Ideal

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Namun berat badan yang kita miliki sekarang ini mungkin tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tubuh kita kadang terlalu gemuk dan kadang terlalu kurus. Sehingga yang kurus ingin lebih gemuk dan yang gemuk ingin lebih kurus. Salah satu hal yang mempengaruhi berat badan adalah metabolisme tubuh. Padahal metabolisme seseorang berbeda-beda, sehingga proses pencernaanya tidak sama.

Kebanyakan orang menginginkan makanan yang mereka makan segera bisa dicerna oleh sistem pencernaan dan kalori bisa terbakar lebih banyak agar tubuh mereka tetap ideal dan tentunya tetap sehat. Setiap makanan yang masuk sebagian besar diolah menjadi energi dan sedikit yang disimpan menjadi lemak dan otot. Selain metabolisme, pola makan dan pola aktifitas juga mempengaruhi berat badan.

Jika anda merasa tidak percaya diri karna memilki berat badan yang terlalu kurus, di bawah ini saya akan membagikan tips mudah untuk menambha berat badan anda.

Tips Untuk Menambah Berat Badan:

1.Tingkatkan Interval Makan Anda dalam Satu Hari

Orang yang bertubuh kurus perlu makan dengan interval atau ulangan yang lebih sering untuk menambah berat badannya. Cara ini akan membantu anda untuk menambah porsi makan anda dalam satu hari. Buat jadwal makan anda dan terapkanlah secara teratur. Jangan lupa konsumsi camilan-camilan sehat yang berkalori tinggi untuk menambah berat badan anda.

2.Perbanyak Konsumsi Protein

Anda yang sedang dalam proses penambahan berat badan disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti daging, telur, keju, dan lain-lain, dan jika anda vegetarian anda dapat mengkonsumsi produk yang berbahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe. Protein diperlukan untuk menambah massa otot sehingga berat badan cepat bertambah.

3.Perbanyak Asupan Lemak Sehat

Menginginkan tubuh yang berisi bukan berarti bisa makan maknan yang mengandung lemak secara sembarangan. Bisa-bisa bukan hanya tubuh yang gemuk yang anda dapatkan, tapi juga timbunan penyakit karna lemak jahat yang anda konsumsi. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan menambah berat badan anda. Jauhilah makanan olahan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, es krim, dan makanan cepat saji.

4.Makan di Malam Hari

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sering mengkonsumsi camilan di atas jam 8 malam akan memilki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan yang tidak. Namun belum diketahui faktor pasti yang menyebabkan hal tersebut. Tapi, waktulah yang diduga menjadi salah satu faktor yang paling relevan. Walaupun demikian, anda tidak disarankan untuk langsung tidur setelah selesai makan, tunggulah sampai makanan yang anda makan benar-benar telah tercerna dan tidak tertimbun menjadi lemak jahat.

5.Pilih Makanan Berkabohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat diperlukan tubuh karna menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas sehari-hari. Pilihlah karbohidrat kompleks yang biasa ditemui dalam gandum utuh, beras merah, oat, dan ubi. Hindari makanan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan gula pasir. Karna karbohidrat sederhana ini mudah diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah menjadi meningkat sehingga menimbulak resiko terkena penyakit diabetes.

6.Olahraga

Fokuslah pada olahraga yang bisa meningkatkan massa otot seperti angkat beban. Berolah raga juga dapat meningkatkan nafsu makan karna kita akan sering merasa lapar setelah berolahraga. Dan saat anda berohlaga, batasilah gerakan anda, karna gerakan yang berlebihan akan membakar lemak, bukannya bertambah gemuk, anda malah akan bertambah kurus.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply