5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Posted on

Rambut merupakan sebuah mahkota yang di miliki oleh setiap manusia. Terutama pada wanita, menjaga kesehatan  rambut dan keindahan rambut yang pastinya menjadi prioritas utama. Namun, kini banyak wanita yang mengalami masalah ketombe.  Tak hanya wanita, pria pun juga sering terkena masalah ketombe. Ketome ini sangatlah umum dan wajar. Ketombe di karnakan kulit kepala yang berminyak yang di sebut sebum, organism yang sangat kecil yang hidup di kulit setiap orang yang di sebut malssezia globosa. Bagi orang yang sensitive terhadap organisme ini, akan timbul ketombe, yang terlihat yaitu serpihan kulit kepala. Ketika kulit kepala terganggu, dan tubuh bereaksi dengan mempercepat siklus sel kulit. Sel-sel kulit ini akan menggumpal pada permukaan kulit kepal, dan menjadi serpihan ketombe yang akan tampak jelas.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya ketombe.:

  • Malassezie globosa : ini adalah mikro organism yang di miliki oleh setiap orang, dan ada beberapa orang yang sensitive terhadap organism ini, sehingga menyebabkan ketombe.
  • Minyak yang terdapat pada kulit kepala : organism tersebut memakan banyak minyak yang terdapat pada kepala kita, yang sering di sebut sebagai sebum.
  • Sensitive individual : yang mana kulit kepala bereaksi terhadap zat yang berbeda- beda pada setiap orang.
cara mengatasi ketombe
cara mengatasi ketom

Gejala timbulnya ketombe .

Tanda yang paling mencolok dari adanya ketombe adalah terlihatnya serpihan pada permukaan kepala rambut. Ada juga beberapa gejala adanya ketombe yang hanya bisa anda rasakan, seperti kulit kepala kering, gatal, dan kulit kepala terlihat menjadi kemerahan. Namun anda tak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami.  Berikut, beberapa Cara menghilangkan ketombe secara alami  :  

  1. Menghilangkan ketombe dengan cuka

Cuka ini memililiki kandungan asam yang bersifat abrasive. Kandungan asam inilah yang dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit kepala. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup meniapkan cuka secukupnya, usahakan rambut dalam keadaan bersih (dengan keramas) setelah itu baru di oleskan pada kepala dan di pijat pijat, diamkan selama 30 menit setelah itu keramaslah hingga bersih.

 

  1. Baking soda

Baking soda memiliki kandungan senyawa abrasive yang dapat mengatasi masalah ketombe. Namun jangan menggunakan baking soda ini secara berlebihan, karna dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Caranya, siapkan baking soda lalu campur dengan air hangat secukupnya, kemudian oleskan pada kepala diamkan selama 20 menit kemudian bilaslah dengan keramas hingga bersih.

 

  1. Lidah buaya

Dalam lidah buaya mengandung berbagai mineral alami yang mampu menutrisi rambut. Seperti mineral kalsium, magnesium, fosfor, yang dapat mengatasi ketombe. Selain itu lidah buaya iini dapat membuat rambut anda semakin hitam, lembab, dan sehat.

 

  1. Kangkung

Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat sedap jika di masak menjadi tumis. Namun,  Ternyata kangkung ini dapat di gunakan untuk mengatasi ketombe. Kangkung memiliki senyawa mineral yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya sangat mudah soiapkan kangkung segar secukuponya, kemudian rebus kangkung tersebut di rebus menggunakan 1 gelas air, tunggu hingga mendidih, dan saring. Kemudian bilaskan air kangkung tadi kekepala anda, diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

 

  1. Daun pandan

Nah, berikutnya cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan daun pandan. Daun pandan ini memiliki kandungan mineral alami yang dapat menutrisi rambut dan dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati. Caranya, siapkan 5 sampai 8 lembar daun pandan lalu cuci, remaslah daun pandan tersebut hingga hancur. Kemudian seduhlah menggunakan air hangat, oleskan air daun pandan tersebut ke area kepala anda, pijat- pijat sejenak lalu diamkan selama 30 menit, baru lah di bilas dengan keramas hingga bersih.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply