Dampak vitamin E bagi kesehatan

Dampak Vitamin E Bagi Kesehatan (Manfaat, Kekurangan, Dan Kelebihan)

Posted on

Vitamin E atau tokoferol merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E  memiliki sifat Antioksidan dan dapat Mengahancurkan serangan radikal bebas. Vitamin E Termasuk vitamin yang bersifat esensial, maksud esensial disini yaitu vitamin E tidak di produksi oleh tubuh melainkan vitamin E berasal dari makanan yang kita makan.

dampak-vitamin-e-bagi-kesehatan
vitamin E

Sumber vitamin E bisa berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, telur, kecambah dan susu. Contoh bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E yaitu : minyak biji gandum, minyak kedelai, selada, minyak jagung, kacang-kacangan, sayuran hijau, biji bunga matahari, asparagus, pisang, strawberry, ubi jalar dan buncis. Vitamin E juga terkandung pada bahan makanan yang belum diolah.

Walau banyak nutrisi yang terkandung dalam vitamin E. tapi tetap dalam setiap hal pasti ada manfaat, kekurangan dan kelebihanya. Berikut ini saya akan mengupas beberapa manfaat, kekurangan dan kelebihan vitamin E.

MANFAAT VITAMIN E

  1. Meningkatkan kesuburan dalam Rahim.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Bisa membantu mengatasi stres.
  4. Menyedikitkan resiko terkena penyakit kanker dan penyakit jantung koroner.
  5. Dapat Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit
  • Mencegah adanya penuaan dini
  • Mempercepat penyembuhan luka pada tubuh
  1. Melindungi sel darah merah
  2. Sebagai Antioksidan

Vitamin E merupakan antioksidan alami yang berfungsi untuk membantu melindungi  struktur sel dalam tubuh yang penting dari kerusakan yang diakibatkan adanya radikal bebas.

KEKURANGAN VITAMIN E

  • Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan sel darah merah yang mengangkut oksigen terbelah.
  • Menyebabkan nyeri pada otot betis.
  • Menyebabkan Kesulitan berjalan.
  • Menyebabkan Gangguan penglihatan.
  • Retensi cairan atau odem
  • Kelainan pada kulit

KELEBIHAN VITAMIN E

Pada umumya vitamin E atau tokoferol adalah vitamin yang cukup aman. Kelebihan vitamin E dapat menimbulkan gangguan terutama pada sisitem imun terhadap infeksi. Infeksi ini memberi gejala seperti sakit kepala, pusing yang disertai gangguan penglihatan, tubuh menjadi lemas, dan cepat merasa lelah. Karena itu, di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dengan ketat dan harus ada batasanya.

Demikian informasi yang Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply