rujak cingur
resep rujak cingur surabaya

Rujak Cingur Surabaya yang lezat

Posted on

Apa anda  sudah pernah memakan kuliner yang satu ini?yaps, rujak cingur adalah salah satu jenis makanan tradisional yang mudah ditemukan dan berasal dari jawa timur terutamanya dari kota Surabaya.Cingur dalam bahasa jawa yang berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bagian potongan mulut atau moncongnya sapi yang direbus.

rujak cingur
rujak cingur surabaya

Rujak cingur biasanya dihidangkan dengan perpaduan sayuran atau buah-buahan dan beberpa jenis lainnya terkadang ditambah lontong, tempe, tahu.Buah biasanya buah nanas, mangga muda, bengkuang, kedondong.Kalau sayur biasanya kangkung, mentimun, krai(sejenis mentimun), bendoyo, toge, kacang panjang dan sayur lainnya.Biasanya buah dan sayur itu dicampur jadi satu dan yang paling khusus di tambahi dengan cingur.

Bumbu rujak cingur biasanya terdiri dari : petis udang, gula jawa, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang merah goreng, garam, air putih dan irisan pisang berbiji hijau muda atau disebut pisang klutuk.Semu bumbu itu dicampur jadi satu dengan cara diulek, dan itu sebabnya rujak cingur juga terkadang disebut rusak ulek.Udah tahu filosofinya rujak cingur?yyuk kita simak bersama-sama filosofinya rujak cingur.

Nih, Filosofinya Rujak Cingur :

Dahulu kala ada seorang raja, sang raja bernama Firaun Hanyokrowati di negri Masiran.Dia sangat berkuasa dan sangat ditakuti oleh  rakyat-rakyatnya.Pada hari ulang tahunnya sang raja memanggil semua juru masak istananya untuk meyediakan masakan yang special untuk dirinya.Berbagai macam masakan dan resep yang di masak dan dihidangkan oleh juru masaknya tidak ada yang cocok dilidah sang raja.

Tiba-tiba masuklah seorang prajurit kerajaan dan menghadap kepada sang raja, dia mengatakan bahwa ada seseorang yang ingin menyajikan makanan yang di masaknya supaya dicicipi oleh sang raja.Dan sang raja mempersilakan seseorang itu untuk masuk dan menghadapnya “perkenalkan, nama saya Abdul Rozak”, sedikit itulah lelaki memperkenalkan dirinya, kemudian ia segerah menghantarkan masakannya yang dibunkus dengan daun pisang.Sang raja pun memnggil ahli kesehatan kerajaan untuk memastikan bahwa bungkus daun pisang itu aman tidak.Setelah menyaksikan kalau bungkus daun pisang itu aman, maka sang raja membuka dan mencicipi masakan orang laki-laki teresbut dan setelah mencicipi, sang raja tidak mau berhenti untuk memakannya, sang raja benar-benar menikmati masakan yang dibuat oleh Abdul Rozak, Ssang raja bilang “lezat sekali “, dengan berkecucuran keringat karena saking pedasnya.

“Apa nama masakan ini?” kata sang raja dan Abdul Rozak menjawab pertanyaannya sang raja, “Saya belum memberi nama pada masakan itu”Lalu sang raja menjawab “Baiklah, apa yang kenyal-kenyal yang ada di dalam masakan itu?” “itu cingur unta, raja” sahutannya.”Baiklah akan saya beri nama Rozak Cingur”, lalu diperintahkan kepada juru tulis kerajaannya untuk memasukkan nama laki-laki tersebut kedalam lembaran negara.Abdul Rozak itu dihadiai oleh sang raja dengan sebuah kapal laut yang mewah dan sebidang tanah, serta ia diangkat menjadi juru masknya istana kerajaan.Tetapi ia menolaknya, ia hanya ingin kapal lautnya  untuk menggembara.Sang raja pun setuju tapi dengan syarat untuk memberikan resep masakan tersebut, akhirnya sang raja mendapatkan resep tesebut dan Abdul Rozak diberikan kapal laut yang seperti permintaanya.

Kemudian Abdul Rozak memulai perjalanannya untuk melintasi samudra, hingga akhirnya kapalnya terdampar di tanjung perak, Surabaya.Dan disanalah ia mulai memperkenalkan Rozak Cingurnya hasil resepnya. Akan tetapi Abdul Rozak kesulitan untuk menemukan onta dan akhirnya cingur onta diganti dengan cingur sapi, yang ternyata membuat kualitas rasa Rozak Cingurnya lebih baik.Akhirnya masyarakat mulai berdatangan untuk mencicipi masaknnya, tapi karena masyarakat susah untuk mengucapkan Rozak Cingur yang akhirnya mereka menyebutnya dengan “rujak cingur”.

 

Nah, begitulah asal usulnya rujak cingur yang ada di jawa timur, khususnya di kota Surabaya.Filosofi rujak cingur.

Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply