Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran

Mengenal Pantai Pangandaran

Posted on

Pantai Pangandaran adalah salah satu wisata yang ada di Jawa Barat, tepatnya di pantai Pangandaran ini banyak di kunjungi wisatawan, terutama pada saat hari libur. Banyak wisatawan luar kota yang main ke pantai ini, karena keIndahan pantai tersebut.

Di pantai Pangandaran ini banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi, seperti: pasir putih, cagar alam, dan banyak permainan airnya juga, jadi tak heran banyakpengunjung yang datang ke pantai Pangandaran ini saat libur sekolah ataupun libur panjang.

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran

Di pantai Pangandaran ini juga pernah terjadi tsunami sekitar tahun 2006, bersamaan dengan tsunami yang terjadi di Nagroe Aceh Darussalam kala itu. Semenjak terkena tsunami pantai Pangandaran porak-poranda tidak karuan, tapi dengan berjalannya waktu pantai Pangandaran ini sekarang sudah bagus sekali dan banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke pantai Pangandaran ini.

Pantai Pangandaran ini terletak di desa Pananjung, pada awalnya dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari suku sunda. Kenapa mereka lebih memilih pangandaran, karena menurut mereka di pangandran itu gelombang lautnya kecil yang dapat membantu memudahkan mereka untuk mencari ikan. Nah dipantai pangandaran ini terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang sekarang disebut Cagar Alam atau Hutan Lindung.
Asal mula kata Pangandaran ini berasal dari 2 buah kata yaitu pangan yang artinya “Makanan” dan Daran yang artinya Pendatang. Jadi ke 2 kata tersebut bila disatukan menjadi Pangandaran yang artinya sumber makanan para pendatang.

Pengandaran memang penuh pesona. Setidaknya hal itu tampak dari berjubelnya pengunjung di kawasan pantai ini baik pengunjung keluarga, rombongan kecil, maupun rombongan besar. Sudah sejak pagi pantai telah penuh sesak dengan para pengunjung. Para pengunjung silih berganti sampai senja menyapa. Banyaknya pengunjung ini tentu menyibukkan para petugas SAR. Tidak henti-hentinya mereka memperingatkan para pengunjung untuk berhati-hati ketika bermain air di pantai. Sekitar pukul 17.00, peringatan itu semakin sering. Para pengunjung diminta untuk merapat ke pantai dan mengakhiri aktivitas berenangnya. Meski demikian, masih banyak juga para pengunjung yang nekad alias tidak mematuhi peringatan Tim SAR.

Demikian sekitar info sejarah tentang pantai Pangandaran dari saya.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply