manfaat dan dampak handphone

Manfaat Handphone Bagi Masyarakat dan Dampak Negatifnya

Posted on

Mungkin masyarakat  sekarang sudah tidak asing lagi dengan barang yang satu ini, barang yang bias dibawa kemanapun dan kapanpun, dan barang ini juga mempunyai banyak manfaatnya bagi masyarakat, ntah itu orang tua, remaja, bahkan anak-anak sekalipun. Di sisi lain juga handphone memiliki fungsi sebagai media hiburan, bisnis, dan lain sebagainnya. Dan handphone juga sebagai alat pertama akan adanya teknologi, tanpa ada handphone mungkin kita tidak bias seperti ini, maksudnya mungkin kita sulit berkomunikasi, tapi sejak adanya handphone itu tidak ada kata sulit berkomunikasi lagi, karna handphone ini bentuknya fleksibel (mudah dibawa kemana-mana).

manfaat dan dampak handphone
manfaat dan dampak handphone

Tapi di sisi lain banyak dampak negatif akan adanya handphone tersebut, dan berikut ini dampak-dampak negative dari kita menggunakan handphone:

  1. Dampak bagi remaja
  • Menciptakan pergaulan sosial yang tidak sehat, maksudnya tidak sehat itu mungkin anak-anak remaja bisa menggunakan situs-situs yang seharusnya tidak dibuka oleh anak seusianya, namun karena mereka itu sedang dalam masa ingin tau yang sangat besar puber, jadi mereka membuka situ itu tanpa sepengetahuan dari kedua orangtuanya dan ini sangat berbahaya sekali bagi anak-anak yang sedang dalam masa pubertas ini.
  • Rawan terhadap tindakan kejahatan, maksudnya pasti orang jahat itu sasarannya anak-anak dan perempuan/ibu rumah tangga. Apalagi anak-anak yang belum tau apa itu manfaat handphone bagi mereka, mungkin sebagian anak-anak cuma memikirkan kesenangannya saja (tidak berfikir panjang) dan mungkin mereka cuma ingin buat gaya-gayaan saja, nah kalo seperti ini pasti rawan sekali akan adanya tindakan kejahatan, dan seharusnya bagi para orangtua harus lebih mempertimbangkan lagi tentang manfaat handphone bagi anak-anak seusianya ini.
  • Anak kita sulit diawasi, maksudnya sulit diawasi ini mungkin dengan adanya handphone mereka banyak teman barunya dan asik dengan dunia barunya itu. Mungkin anak anda akan lebih fokus pada handphonenya dari pada kedua orangtuanya, anak anda akan sulit dinasehati, sulit di arahkan, dan masih banyak lagi.
  • Dan menurut penilitian efek samping dari kebanyakan sms-an itu berbahaya sekali, bukankan ujung jari kita ini memiliki jutaan banyak syaraf??? Apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ini, dan tentunya kita tidak ingin pertumbuhan anak-anak kita terganggu gara-gara fungsi syaraf yang keseringan memencet/dipencet.
  1. Dampak negative dalam waktu panjang
  • Memicu kangker otak, karena pada saat kita menerina telpon dari orang lain pasti suhunya itu berubah, itu yang menyebabkan kangker otak, karena radiasi dari handphone ini akan langsung menuju ke otak kita ini.
  • Merusak penglihatan mata kita, karena dengan kita menggunakan mata kita untuk melihat-lihat facebook, instagram ataupun yang dalam j angka waktu yang lama, ini akan menyebabkan mata kita mudah lelah.
  • Merusak tulang belakang, karena pada saat kita menggunakan handphone pasti kita akan mencondongkan badan kita kearah handphone kita, dengan demikian dapat menyebabkan tulang belakang kita menekan syaraf menuju kepala kita ini, yang bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala.

Sekian sekilas infor dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semuanya.

Incoming search terms:

  • manfaat hp bagi masyarakat
Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply