Manfaat dari Dark Chocolate

Posted on

Dark chocolate adalah salah satu jenis chocolate yang biasanya gak semua orang menyukainya. Alasannya pahit jadi orang-orang lebih memilih milk chocolate atau white chocolate karena rasanya lebih enak dan manis. Tapi jangan salah sangka loh. Di balik rasa pahit yang terdapat di dark chocolate, dark chocolate memiliki banyak khasiat untuk tubuh juga.

Sebenarnya, dark chocolate banyak digemari oleh orang-orang tapi terutama usia lansia karena dark chocolate tidak mengandung banyak gula. Meksipun dark chocolate biasanya tidak terdapat susu dan warna nya lebih pekat, chocolate ini bagus untuk kesehatan loh. Bagi kalian yang lagi diet, dark chocolate lebih disarankan untuk dikonsumsi seandainya kalian gak bisa menahan nafsu. Asal kalian tau dark chocolate memiliki berbagai manfaat yaitu.

1. Memiliki antioksidan yang tinggi

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan polifenol, flavanol, dan katekin yang tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini. Ada penelitian juga bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate lebih tinggi daripada buah blueberry.

Manfaat dari Dark Chocolate
Manfaat dari Dark Chocolate

2. Menurunkan tekanan darah dan Mencegah penyakit jantung

Jika mengkomsumsi satu batang dark chocolate selama 18 minggu berturut-turut bisa menurunkan tekanan darah hingga sebesar 18% pada orang-orang yang memiliki hipertensi. Turunnya tekanan darah karena mengkomsumsi dark chocolate sekaligus mencegah dari penyakit jantung. Makan dark chocolate bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11% dan risiko stroke sebesar 23%. Apalagi kalau kita minum dark chocolate secara rutin insyaallah mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 50 %.

3. Mencegah diabetes

Dark chocolate bisa membantu meningkatkan respon sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin merupakan sesuatu yang paling diperlukan tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap fit dan dijauhi dari penyakit diabetes.

4. Menurunkan kolesterol

Mengkomsumsi dark chocolate secara rutin dan dapat menurunkan kolesterol jahat sampai 20% sehingga risiko penyakit koardiovaskular ikut menurun.

5. Melindungi kulit dari radiasi sinar matahari

Flavanol yang terdapat di dark chocolate dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radiasi sinar matahari dengan melancarkan aliran darah di kulit dan meningkatkan kelembaban kulit. Manfaat dari dark chocolate dapat menangkal dampak buruk dari radiasi sinar matahari yang akhirnya menyebabkan penuaan dini.

6. Mempertajam fungsi otak

Manfaat lain dari keunikan dari dark chocolate adalah bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, termasuk mempertajam memori dan kemampuan berpikir logis. Ini semua dari kandungan tinggi flavaoidnya.

7. Kenyang lama

Mungkin ini sesuatu yang tak terduga, tapi memang benar dark chocolate bisa membuat perut kenyang lebih lama dan bisa mencegah nafsu ngidam makanan manis, asin, dan berlemak. Maka, kalau kalian lagi pengen nurunin berat badan, dark chocolate bisa menjadi pilihan cemilan yang baik.

 

 

Leave a Reply