cokelat
cokelat

Ada yang Tau? Cokelat Dapat Membuat Bahagia

Posted on

Apa itu cokelat

Ada yang tau coklat itu apa? Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Biasanya cokelat diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya. Pada umumnya seseorang memberikan sebuah coklat sebagai tanda kasih sayang, makanya pada hari valentine banyak orang-orang yang memberikan coklat kepada orang yang spesial dalam hidupnya.

cokelat cinta

Dari dulu cokelat sangat terkenal karena rasanya yang unik. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa rata-rata menyukai sama yang namanya cokelat. Selain itu banyak sekali berbagai macam makanan dengan rasa cokelat.

Kandungan cokelat yang dapat membuat bahagia

Segigit cokelat juga bisa membuat perasaan Anda jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Apa sebenarnya alasan di balik kemampuan cokelat yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia? Berikut adalah kandungan yang ada dalam cokelat:

1.Tryptophan

Kandungan tryptophan ini digunakan oleh otak untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang mampu menghasilkan perasaan bahagia seseorang.

2.Phenylethylalanine

Senyawa kimia ini adalah senyawa yang sama dengan yang dipoduksi otak saat jatuh cinta. Phenylethylalanine terkadang disebut obat cinta karena mampu membangkitkan perasaan bahagia ketika seseorang sedang jatuh cinta.

cokelat valentine

3.Theobromine

Senyawa ini bekerja bersama kafein untuk membentuk perasaan bahagia seseorang. Para ilmuwan di Neurosciences Institute, San Diego mengungkapkan bahwa cokelat mengandung zat yang memiliki efek seperti seseorang mengkonsumsi kanabis atau ganja.

4.Serotonin

Serotonin merupakan neurotransmitter alami yang banyak mengontrol fungsi otak, termasuk suasana hati dan perilaku seseorang. Selain itu juga berguna untuk mencegah depresi.

5.Melepaskan hormon erdofin

Makan cokelat mampu melepaskan hormon endorfin ke otak. Seperti diketahui bahwa endorfin dapat menurunkan tingkat stres dan rasa sakit.

Cokelat Dapat Menbangkitkan Semangat

Sekarang sudah banyak beragam jenis cokelat di jual di mana-mana seperti bittersweet chocolate, dark chocolate, white chocolate, dan milkchocolate mengandung theobramine dan phenylethylamine. Kandungan tersebut mempunyai peran yang penting dalam mengatur perasaan senang pada seseorang.

Perasaan senang ditimbulkan karena serotonin yang meningkat dalam otak kita yang biasanya disebut sebagai hormon kebahagiaan.Kafein yang terkandung di dalam cokelat berfungsi menambah rasa semangat, meningkatkan kemampuan untuk bekerja, dan konsentrasi tetap terjaga.

Leave a Reply